Visi Misi

VISI MISI PEMERINTAH DESA NGURENREJO

VISI

” Terwujudnya Pemerintahan Desa yang Bersih dan Berwibawa menuju terciptanya Desa yang ber-Swasembada, Gemah Ripah Loh Jinawi Toto Tentrem Kerto Raharjo ”

MISI

1)     Melanjutkan rencana program Desa yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Ngurenrejo periode sebelumnya, sebagaimana tercantum dalam dokumen Perencanaan Pembangunan Desa Ngurenrejo.

2)     Memberdayakan potensi yang ada di Desa, meliputi :

a. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM);

b. Pemberdayaan Sumber Daya Alam (SDA), dengan prioritas optimalisasi pengelolaan lahan pertanian sebagai salah satu sektor ekonomi kerakyatan; dan

c.  Pemberdayaan ekonomi kerakyatan, dengan prioritas program pembentukan koperasi dan pasar Desa.

3)    Menciptakan kondisi masyarakat Desa Ngurenrejo yang : aman, tertib, guyup dan rukun, dalam kehidupan bermasyarakat dengan berpegang pada prinsip-prinsip yaitu :

a.  Duduk sama rendah, berdiri sama tinggi;

b.  Ringan sama dijinjing, berat sama dipikul, dan

c.  Sepi ing pamrih, rame ing gawe, nrimo ing pandum.

4)    Optimalisasi penyelenggaraan Pemerintahan Desa Ngurenrejo, yang meliputi :

a.  Menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan jajaran dinas/instansi vertikal terkait, serta mitra kerja dan kelembagaan di Desa seperti : BPD, LPMD, PKK, RT, RW, dan Karang Taruna;

b.  Penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan akuntabel; dan

c.  Pelayanan kepada masyarakat yang prima, yaitu : cepat, tepat, benar dan tertib;

5)     Pelaksanaan pembangunan sarana prasarana umum yang berkesinambungan dengan mengedepankan azas partisipatif serta gotong royong masyarakat dan memegang teguh pada prinsip musyawarah untuk mufakat.

6)     Pelaksanaan pembangunan mental spiritual yang didukung dengan program pembangunan sarana prasarana peribadatan, pendidikan formal dan non formal, seperti Pendidikan Anak Usia Dini, TPQ dan madrasah.

7)     Mendukung dan memajukan potensi olah raga, seni dan budaya di Desa Ngurenrejo sebagai wadah untuk menyalurkan bakat generasi muda melalui program pembangunan sarana prasarana olah raga, seni dan budaya serta melaksanakan pembinaan potensi yang ada pada generasi muda Desa Ngurenrejo.

8)     Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui program :

a.  Pengelolaan data masyarakat tidak mampu guna menunjang program pemerintah di bidang kesehatan, pendidikan, pengentasan kemiskinan.

b. Mengoptimalkan peran Poliklinik Desa, Posyandu dan penyediaan sarana prasarana kesehatan yang menunjang upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

 

Facebook Comments