PEMBERIAN VITAMIN A BAGI BALITA DI POSYANDU

Suana kegiatan penimbangan balita di Posyandu Budi Rahayu II Desa Ngurenrejo. (foto-dok.desa)

Ngurenrejo. Rabu, 12 Agustus 2020. Kegiatan rutin posyandu di Desa Ngurenrejo telah aktif kembali sebulan yang laluoleh pengurus posyandu Desa Ngurenrejo. Posyandu Budi Rahayu i yang melayani warga di wilayah RW.001 telah melaksanakan peayanan kesehatan bagi balita pada hari Senin lusa. Pada hari ini gilira kegiatan pelayanan penimbangan dan kesehatan ibu dan anak atau balita di Posyandu Budi Rahayu II. Untuk kali ini pelayanan di posyandu Budi Rahayu II adalah yang kedua kalinya, setelah libur beberapa bulan pada masa pandemi covid-19 atau digiatkan kembali di masa tatanan baru di desa.

Hari ini Posyandu Budi Rahayu II Desa Ngurenrejo yang berlokasi di rumah bapak Dayat warga RT.002 RW.002 dilaksanakan kegiatan posyandu berupa penimbangan balita, dan pemberian vitamin A bagi para balita yang hadir untuk ditimbangkan dan diperiksa kesehatannya. Pemberian vitamin A untuk balita ini direncanakan dua kali dalam setahun. Pemberian vitamin A pertama diberikan hari ini untuk balita yang ditimbangkan di posyandu Budi Rahayu II. Sedangkan bagi balita lainnya diberikan saat penimbangan di posyandu lainnya sesuai jadwal pelaksanaan di masing-masing posyandu.

Perlu diketahui bahwa posyandu di Desa Ngurenrejo ada tiga posyandu. Posyandu Budi Raahayu I untuk wilayah RW.001, posyandu Budi Rahayu II untuk wilayah RW.002 dan posyandu Budi Rahayu III untuk wilayah RW.003. Ketiga posyandu ini dikelola olehpengurus posyandu Desa Ngurenrejo yang diketuai oleh Ibu Anita Susanti Sudiyono dan Tim Penggerak PKK Desa.

Pelaksanaan pemberian vitamin A dilayani oleh para kader posyandu dan bidan desa. Disamping pemberian vitamin A, ada juga kegiatan lain yang dilayani di posyandu yaitu penimbangan balita, ukur panjang dan berat badan serta pemberian tambahan makanan bergizi bagi balita. Untuk yang disebut terakhir diberikan setiap bulan sekali pada saat penimbangan balita di masing-masing posyandu. “Pemberian PMT balita diberikan rutin tiap bulan dengan menu yang bervariasi disesuaikan dengan kebutuhan gizi balita,” kata Endang Siswati, A.Md bidan Desa Ngurenrejo. “Disamping PMT balita, juga ada PMT bagi lansia yang dberikan di posyandu lansia,” ujar Sarisih salah satu kader kesehatan menambahkan.

Dengan diberikannya vitamin A pada balita secara berkala diharapkan kembang tumbuh kesehatan balita dapat berjalan normal. Kesehatan calon generasi desa ini digarap betul programnya agar balita-balita kelak dapat tumbuh sesuai usia perkembangan balita secara normal. Dan yang terpenting dengan adanya pemberian tambahan makanan bergizi diharapkan upaya pencegahan stunting di Desa Ngurenrejo dapat terwujud.

About ngurenrejo 204 Articles
Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Jadi yang Pertama Berkomentar