PERCANTIK DENGAN MERAH PUTIH SAMBUT HUT KEMERDEKAAN RI

Pemasangan umbul-umbul merah putih menyambut HUT RI, disaksikan Kepala Desa Ngurenrejo bapak Sudiyono (foto.dok-desa).

Ngurenrejo, 03 Agustus 2020. Bulan Agustus identik dengan kemerdekaan RI. Tidak salah penandaan itu mengingat kemerdekaan RI dikumandangkankan di Jakarta pada bulan Agustus, tepatnya tanggal 17 Agustus 1945 oleh Soekarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia. Bagi Kabupaten Pati sendiri pada bulan Agustus selain peringatan HUT RI, juga bersamaan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Pati. Jadi, di Kabupaten Pati dalam bulan Agustus ada dua agenda peringatan besar yakni Hari Jadi Kabupaten Pati dan HUT Kemerdekaan RI.

Setiap tahun dua peringatan ini disatukan dalam rangkaian acara yang bersamaan. HUT kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2020 adalah peringatan kemerdekaan RI yang ke 75. Sedangkan Hari Jadi Kabupaten Pati jatuh pada tanggal 7 Agustus 2020. Memasuki bulan Agustus 2020 semarak memperingati HUT RI ke 75 dan Hari Jadi Kabupaten Pati ke-697 sudah didengungkan ke seluruh pelosok desa. Bupati Pati melalui suratnya nomor  003.1/1757 tanggal 30 Juli 2020 perihal Pedoman Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pati ke-697 dan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 telah memberikan pedoman pemasangan Bendera Merah Putih, Spanduk, Umbul-umbul dan Upacara Bendera kepada Para Staf Ahli, Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian Setda Pati, Pimpinan BUMN/BUMD dan para Camat se Kabupaten Pati.

Pedoman peringatah Hari Jadi Kabupaten Pati ke-697 dan HUT RI ke-75 tersebut diinstruksikan kepada semua instansi pemerintah di lingkungan Kabupaten Pati, pimpinan perusahaan negara/daerah, para Camat tentang tata cara pemasangan bendera merah putih, spanduk, umbul-umbul, dekorasi, lampu hias dan hiasan lainnya di lingkungan instansi masing-masing. Selanjutnya melalui Camat wilayah kecamatan setempat juga diinstruksikan sampai ke tingkat desa. Kepala Desa beserta seluruh masyarakat juga diinstruksikan untuk memedomani ketentuan tersebut di atas. Dalam isi surat disebutkan bahwa pedoman untuk pemasangan bendera merah putih yaitu satu tiang penuh serentak mulai tanggal 1-31 Agustus 2020. Disamping itu masyarakat  juga dihimbau untuk memasang umbul-umbul, dekorasi, lampu hias dan hiasan lainnya di tepi jalan dan halaman rumah dimana rumahnya berada di pinggiran jalan.

Kantor Kepala Desa Ngurenrejo dan Balai Desa juga dipasangi bendera merah putih, spanduk, umbul-umbul dan lampu hias. Pemasangan dilaksanakan oleh para Perangkat Desa secara kerja bhakti bersama-sama. Ikut pula kerja bhakti dan mendampingi kegiatan ini Kepala Desa Ngurenrejo bapak Sudiyono. Dalam arahkannya beliau menyampaikan agar momentum peringatan Hari Jadi Kabupaten Pati dan HUT Kemerdekaan RI dimaknai kebesamaan dan persatuan Aparat Desa dengan masyarakat. “Kita harus bersatu dan bersama-sama masyarakat dalam melawan covid-19, kita laksanakan tema Hari Jadi Kabupaten Pati, Sederhana Tapi Nyata, Bersama Kita Lawan Corona Demi Pati Yang Lebih Baik,” ujar Kepala Desa Ngurenrejo bapak Sudiyono.

Pemasangan bendera merah putih, umbul-umbul, hiasan, dekorasi juga diinstruksikan Kepala Desa kepada para Ketua RT-RW agar mereka juga menyampaikan pedoman ini ke warga di lingkungan RT-RW masing-masing. Dan dari pantauan kami pada pagi hari ini, hampir semua RT-RW sudah mulai kegiatan kerja bhakti, pasang umbul-umbul, dan pemasangan bendera merah putih. Beberapa RT belum selesai dalam menghias lingkungannya dan akan dilanjutkan besok sore atau hari lain.

About ngurenrejo 204 Articles
Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Jadi yang Pertama Berkomentar