POSYANDU DESA NGURENREJO MULAI AKTIF KEMBALI

http://ngurenrejo-wedarijaksa.desa.id/. Jum’at, 17 Juli 2020. Desa Ngurenrejo memiliki tiga posyandu balita, satu posyandu lansia dan satu lagi posyandu remaja. Pada masa pandemi covid-19 beberapa bulan yang lalu ketiga posyandu tidak aktif dan pelayanan kesehatan langsung di PKD yang dilayani oleh Bidan Desa. Setelah memasuki era tatanan baru yang dikenal dengan istilah new normal, pada bulan Juli 2020 ini posyandu mulai aktif kembali memberikan pelayanan kesehatan. Untuk sementara yang aktif baru posyandu balita, sedangkan posyandu lansia dan remaja menunggu perkembangan covid-19.

Secara bersamaan tiga posyandu balita yang ada di Desa Ngurenrejo dibuka dan memberikan pelayanan kesehatan di posyandu masing-masing, yaitu posyandu Budi Rahayu I di wilayah RW.001, posyandu Budi Rahayu II di wilayah RW.002 dan posyandu Budi Rahayu III di wilayah RW.003. Pelayanan kesehatan kepada para balita dan ibu hamil di posyandu dilayani oleh para kader posyandu yanag dibantu oleh anggota Tim Penggerak PKK Desa serta dipimpin oleh Bidan Desa. Hadir dan turut serta memberikan pelayanan kesehatan petugas kesehatan dari Puskesmas Wedarijaksa II. Pelayanan di posyandu balita ini meliputi kegiatan penimbangan balita, ukur berat dan tinggi badan, ukur suhu badan, pemberian makanan bergizi dan pemeriksaan kesehatan lainnya bagi balita. Bagi ibu hamil juga diberikan pelayanan kesehatan yang meliputi tes suhu badan, cek usia kehamilan, pemberian makanan bergizi dan pemeriksaan kehamilan oleh Bidan Desa. Pelaksanaan pelayanan di posyandu dilakukan pada hari ini dimulai pukul 08.00 wib hingga selesai. Pelayanan di posyandu lansia dan posyandu remaja baru akan dibuka setelah kondisi pendemi covid-19 ini mereda dan/atau melihat perkembangan covid-19 di Desa Ngurenrejo.

Dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan di posyandu ini para kader dan petugas lainnya tetap menggunakan prosedur protokol kesehatan. Para kader memakai masker, sebelumnya cuci tangan terlebih dahulu dan sesering mungkin serta selalu mengupayakan jaga jarak dan pelayanan cepat agar tidak berkerumun dalam waktu yang lama. Selesai memberikan pelayanan kesehatan di posyandu para kader posyandu selanjutnya mengerjakan administrasi posyandu, laporan-laporan terkait penanganan balita dan pelaksanaan upaya pencegahan stunting.

About ngurenrejo 204 Articles
Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Jadi yang Pertama Berkomentar