SATU LAGI … PUGAR RUMAH TIDAK LAYAK HUNI DI DESA NGURENREJO

http://ngurenrejo-wedarijaksa.desa.id/. Senin, 13 Juli 2020. Satu lagi pugar rumah tidak layak huni dilakukan masyarakat Desa Ngurenrejo secara swadaya gotong royong masyarakat di lingkungan Rukun Tetangga (RT) 002 Rukun Warga (RW) 002. Adalah saudara Sadimin warga setempat yang rumahnya masih kurang layak huni dilakukan pemugaran secara gotong royong antara pemilik rumah yang dibantu oleh seluruh warga RT.002 RW.002 dan masyarakat sekitarnya. Pemugaran rumah tidak layak huni tersebut dimulai pada hari Minggu 12 Juli 2020 dengaan pembongkaran rumah lama dan selanjutnya akan diperbaiki secara sederhana agar memenuhi standar rumah layak huni.

Pemugaran rumah tidak layak huni ini dibiayai oleh pemilik rumah saudara Sadimin dan dibantu secara gotong royong oleh masyarakat sekitar dan para tetangga. Pekerjaan awal dilakukan dengan membongkar rumah lama, seperti penurunan genting, dinding gedek, tiang bambu dan rangka rumah. Dengan dibantu berupa tenaga, dana dan konsumsi oleh masyarakat sekitar, rumah tidak layak huni diperbaiki dan didirikan kembali sehingga menjadi rumah yang memiliki kriteria layak huni. Saudara Sadimin merupakan salah satu warga Desa Ngurenrejo yang keberadaan rumahnya hingga kini masih kategori kurang layak huni.

Dengan dibantu Pemerintah Desa melalui swadaya Pemerintah Desa dan para tetangga yang merupakan warga lingkungan RT.002 RW. 002 diharapkan kegiatan pugar rumah tidak layak huni ini dapat selesai kurang dari dua minggu. Rencana rumah tersebut akan diperbaiki dengan pondasi bata putih, dinding juga bata putih dan atap genting, sedangkan pintu, jendela dan kusen dari kayu kalimantan. Tenaga kerja atau tukang tanpa bayaran karena merupakan sumbangan berupa tenaga dari warga masyarakat yang memiliki keahlihan pertukangan. Dengan masih adanya semangat gotong royong dan saling membantu sesama, harapannya saudara Sadimin beserta keluarga kecilnya dapat menikmati hunian rumah yang layak.

 

Ketua RT.002 RW.002 Desa Ngurenrejo saudara Mulyono menyampaikan ke pihak desa bawasannya atas inisiatif RT kegiatan pemugaran rumah saudara Sadimin ini dilaksanakan. Sebelumnya dalam forum pertemuan RT.002 RW.002 telah dimusyawarahkan akan rencana kegiatan RT dalam pugar rumah tidak layak huni. Dari Kas RT dikeluarkan sebagian guna membantu suksesnya kegiatan pugar rumah tersebut. Dan alhamdulillah hingga hari kedua ini pekerjaan sudah pada pemasangan atau pembuatan pondasi rumah. Demikian penjelasan Ketua RT.002 RW.002 yang begitu semangat dalam membangkitkan gairah kegotong royongan masyarakat di lingkungan.

About ngurenrejo 204 Articles
Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Jadi yang Pertama Berkomentar