TRAND TERPAPAR COVID-19 MENINGKAT, PEMDES NGURENREJO ANTISIPASI DENGAN SOSIALISASI DAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN

http://ngurenrejo-wedarijaksa.desa.id/. Jum’at, 10 Juli 2020. Memasuki pekan kedua bulan Juli 2020, trand terpapar positif covid-19 meningkat di Kabupaten Pati. Terkhusus Kecamatan Wedarijaksapada pada Minggu ke-II bulan Juli ini justru sudah masuk zona merah. Kewaspadaan dan upaya pencegahan harus lebih giat dilaksanakan oleh semua pihak termasuk Pemerintah Desa beserta seluruh masyarakat desanya, tak terkecuali lembaga desa yang ada mulai RT, RW, LPMD, PKK, Karang Taruna dan Kader Kesehatan harus pro aktif mengupayakan pencegahan covid-19. Memaksimalkan fungsi posko covid-19 di desa dan posko Jogo Tonggo di tingkat RW dalam mempercepat penanganan dampak covid-19 di desa.

Kegiatan pencegahan penularan covid-19 dengan cara memutus mata rantai penularannya telah diupayakan kembali oleh Pemerintah Desa Ngurenrejo. Kegiatan ini merupakan lanjutan kegiatan yang telah terprogram pada tahun 2020 dalam percepatan penanganan covid-19 di Desa Ngurenrejo. Sosialisasi, edukasi masyarakat dan penyemprotan disinfektan terhadap rumah penduduk sudah berkali-kali dilaksanakan. Mensikapi kondisi terkini dimana mulai meningkat jumlah yang positif covid-19 di Kabupaten Pati dan khususnya di wilayah Kecamatan Wedarijaksa Pemerintah Desa Ngurenrejo ambil peran pencegahan covid-19 dengan melakukan penyemrpotan ulang ke rumah penduduk dengan disinfektan.

Penyemprotan kali ini lebih difokuskan ke wilayah RW.001 mengingat RW ini berbatasan dengan tetangga desa yang kebetulan pada saat ini sedang ada yang terpapar covid-19. Penyemprotan dilaksanakan hari kemarin Kamis, 09 Juli 2020 mulai pukul 07.00 wib oleh RT dan RW setempat yang difasilitasi Pemerintah Desa Ngurenrejo. Sedangkan sosialisasi New Normal Baru Desa dan edukasi masyarakat tentang covid-19 secara rutin dilakukan melalui pertemuan masyarakat di tingkat RT-RW. Pertemuan RT-RW ini diadakan kembali setelah beberapa bulan difakumkan karena covid-19. Namun pelaksanaan pertemuan RT-RW tetap menggunakan protokol kesehatan dengan membatasi jumlah peserta pertemuan, selalu memakai masker dan disiapi tempat cuci tangan.

Sosialisasi dan edukasi masyarakat terhadap covid-19 di era Normal Baru Desa hari ini dilaksanakan Pemerintah Desa Ngurenrejo dengan melakukan siaran keliling desa menggunakan mobil siaga. Materi sosialisasi meliputi protokol kesehatan dan New Normal Baru Desa. Lebih ditegaskan kepada masyarakat dalam sosialiasi ini bahwa New Normal bukan berarti covid-19 telah berakhir pandemi covid-19 namun dengan New Normal masyarakat harus dibiasakan kehidupan baru dengan norma kesehatan yang ada (protokol kesehatan) di masa pandemi coovid-19 yang hingga kini belum berakhir. Harapannya dengan penyemprotan kembali dan sosialisasi yang terus menerus, masyarakat dapat mengerti dan memahami yang pada gilirannya melakukan tindakan dan sikap yang sesuai dengan New Normal Desa dan protokol kesehatan.

About ngurenrejo 204 Articles
Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Jadi yang Pertama Berkomentar