SOSIALISASI SABER PUNGLI DI DESA NGURENREJO OLEH POLSEK WEDARIJAKSA

http://ngurenrejo-wedarijaksa.desa.id/ Jum’at Kliwon, 3 Juli 2020. Pemerintah telah menegaskan pelaksanaan pemerintahan yang bersih dan berwibawa mulai tataran di Pemerintah Pusat hingga ke tingkat Pemerintah Desa. Penerapan azas pemerintahan yang bersih dan berwibawa ini untuk memberikan layanan kepada rakyat selaku pemegang kekuasaan dan kedaulatan tertinggi di Negara Indonesia. Indikasi yang paling sederhana Pemerintahan yang bersih adalah bebas dari korupsi dalam setiap kegiatan pemerintahan dan pembangunan.

Pemerintah Desa juga diharapkan dapat menerapkan azas bersih dan berwibawa dalam pemerintahannya agar kepercayaan rakyat melekat pada pemerintah desa sehingga program pembangunan dan jalannya pemerintahan desa dapat berjalan dengan baik sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Untuk menangkal adanya tindak pidana korupsi maka dibentuk tim saber pungkli di tingkat kecamatan wedarijaksa oleh Polsek Wedarijaksa. Tim ini bertujuan melakukan pembinaan, pengawasan dan tindakan terkait adanya kosupsi di tingkat desa. Pungkli sendiri merupakan salah satu tindakan kriminal karena masuk kategori KKN.

Dengan adanya sosialisasi Saber Pungkli ini diharapkan pelaku pelayanan publik, pemerintah desa tidak melanggar aturan jika mengadakan putungan atau tarikan kepada masyarakat desa. Tanpa adanya dasar hukum yang pasti maka setiap tarikan, pungutan dan sejenisnya bisa dianggap pungkli dan itu melanggar aturan yang bisa ditindak oleh Tim Saber Pungkli. 

About ngurenrejo 204 Articles
Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Jadi yang Pertama Berkomentar