SEMARAK MENYAMBUT HARI JADI PATI KE 696 DAN HUT RI KE 74 DI DESA NGURENREJO

ngurenrejo-pati (05-08-2019). HUT RI ke-74 jatuh pada tanggal 17 Agustus 2019. Waga Desa sudah dihimbau untuk mengibarkan sang saka Merah Putih mulai tanggal 1 hingga 30 Austus 2019 di halaman rumah, terkhusus warga yang rumahnya berdekatan dengan jalan desa. Tak terkecuali warga Desa Ngurenrejo mulai tanggal 1 Agustus kemarin sudah mulai memasang dan mengibarkan bendera Merah Putih satu tiang penuh.

Disamping bendera Merah Putih, warga juga dihimbau untuk memasang umbul-umbul dan mengadakan kerja bhakti kebersihan lingkungan. Kerja bhakti kebersihan dan pemasangan umbul-umbul secara serentak di Desa Ngurenrejo dilaksanakan pada hari Minggu 4 Agustus 2019 di masing-masing RT.

Kegiatan kerja bhakti ini selain memasang umbul-umbul, melakukan kebersihan jalan dan lingkungan juga diadakan kegiatan Gerakan Masyarakat ( Germas ) Hidup Sehat berupa pembersihan sampah plastik di drainase jalan dan sungai. Tidak ketinggan kegiatan lain dalam rangka mempercantik lingkungan RT setempat beberapa RT melakukan pengecatan dan pengapuran jalan lingkungan, gardu poskampling dan tempat-tempat strategis di lingkungan RT.

Semua kegiatan dalam rangka penyambutan HUT RI ini dibiayai secara swadaya oleh RT masing-masing. Dari Pemerintah Desa juga tidak ketinggalan melaksanakan kegiatan yang sama di lingkungan Kantor Desa dan lingkungan Balai Desa, termasuk jalan dan jembatan yang berdekatan dengan Balai Desa dibersihkan serta dipasangi bendera Merah Putih dan umbul-umbul. Semua kegiatan serempak dari Pemerintah Desa dan warga masyarakat ini bertujuan menyamarakan HUT RI ke 74 serta hari jadi Pati ke 696 yang jatuh pada tanggal 7 Agustus 2019.

Kegiatan lain yang dilaksanakan dalam menyambut hari jadi Pati tersebut yaitu tahlil bersama ke Makam Ki geng Singo Padu yang merupakan salah satu tokoh sejarah berdirinya Kabupaten Pesantenan dimana Kabupaten Pesantenan selanjutnya menjadi cikal bakal berdirinya Kabupaten Pati. Perlu diketahui pula bahwa Ki Ageng Singo Padu semasa hidupnya pernah menjadi Patih sekaligus Jaksa ketika pemerintahan Kadipaten Carang Soka. Dan Carang Soka merupakan salah satu wilayah yang menjadi embrio berdirinya Kadipaten Pesantenan. Sehingga sudah selayaknya jika di hari jadi Pati ke 696 tahun 2019 ini ikut pula jasa beliau dikhormat dan dihargai dengan cara ziarah dan mendoakan beliau di makam Ki Ageng Singo Padu yang berada di Desa Ngurenrejo. Acara tahlil bersama ini tidak hanya pada hari jadi Pati ini saja, namun oleh warga Desa Ngurenrejo dan Ngurensiti setiap malam Jumat juga melaksanakan tahlil bersama di Makam Ki Ageng Singo Padu.

Facebook Comments

ngurenrejo

Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Mungkin Anda juga menyukai