ANTISIPASI BANJIR PEMDES NGURENREJO ADAKAN PENGERUKAN KALI GUNG WEDI

Pengerukan kali Gung Wedi yang berlokasi di Desa Ngurenrejo dengan menggunakan alat berat (foto : admin)

ngurenrejo-pati (Sabtu, 20-07-2019) Secara geografis Desa Ngurenrejo Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati dibelah kali Gung Wedi. Sebelah utara kali terdiri wilayah RW.001 dan di sebelah selatan kali wilayah RW.002-003. Dengan kondisi desa yang berada di daerah aliran sungai (DAS) Gung Wedi mulai ujung barat desa hingga ujung timur desa, menjadikan desa Ngurenrejo termasuk wilayah pemetaan daerah rawan bencana banjir. Guna mengantisipasi bencana banjir, Pemerintah Desa Ngurenrejo pada tahun anggaran 2019 memprogamkan kegiatan pengerukan kali Gung Wedi yang berada di wilayah Desa Ngurenrejo. Kegiatan pengerukan dengan menggunakan alat berat (bigo) dilakukan di kali Gung Wedi pada bagian kali yang dangkal karena sedimentasi dan bagian tanggul kali yang rawan bobol.

 Kegiatan pengerukan sudah dimulai hari kemarin Jum’at 19 Juli 2019 hingga kurang lebih selama satu minggu. Lokasi kegiatan di kali Gung Wedi pada bagian yang dangkal dan tanggul yang rawan bobol, serta bagian lain yang dipandang perlu adanya pengeprasan tanggul karena keberadaan tanggul yang mempersempit alur aliran air kali.

Sumber biaya kegiatan pengerukan kali Gung Wedi berasal dari APBDes Ngurenrejo tahun 2019 dari sumber dana Pendapatan Asli Desa (PAD). Kegiatan yang dilaksanakan secara swakelola desa ini dilaksanakan oleh Kasi Pembangunan Bapak Sumarno selaku pelaksana anggaran. Volume kegiatan kurang lebih 500 meter.

Maksud dan tujuan pengerukan kali Gung Wedi adalah mengantisipasi banjir, memperlebar alur aliran air kali, mengurangi sedimentasi kali dan upaya pencegahan buang sampah di kali. Dengan kondisi tanggul kali yang baik dan tertata diharapkan ketika musim hujan dan terjadi banjir tidak menyebabkan tanggul bobol sehingga kerugian akibat banjir dapat dicegah lebih dini.

Lokasi pengerukan kali Gung Wedi meliputi lokasi sebelah utara TK, sebelah barat jembatan Gung Wedi, RT.03 RW.02, RT.005 RW.001 dan pada bagian lain kali Gung Wedi yang tingkat sedimentasi cukup tinggi yang dapat menyebabkan kali menjadi dangkal. Kali Gung Wedi yang mata airnya di daerah Pangonan Gunungsari Kecamatan Tlogowungu dan bermuara di kali Silugonggo Juwana setiap tahun langganan banjir, namun manfaat lainnya yang bisa diambil warga Desa Ngurenrejo adalah air kali Gung Wedi menjadi sumber pengairan pertanian di lahan sawah Desa Ngurenrejo. Oleh karenanya multi fungsi keberadaan kali Gung Wedi di Desa Ngurenrejo harus dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga Desa Ngurenrejo.

 

Facebook Comments

ngurenrejo

Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Mungkin Anda juga menyukai