PAGELARAN WAYANG KULIT DAN KETOPRAK TANDAI PUNCAK ACARA SEDEKAH BUMI DESA NGURENREJO

ngurenrejo-pati (Senin, 15-07-2019) Acara Sedekah Bumi Desa Ngurenrejo memasuki kegiatan utama sebagai puncak acara yaitu bancaan dan pagelaran wayang kulit. Minggu tanggal 14 Juli 2019 adalah hari Sedekah Bumi Desa Ngurenrejo. Peringatan hari Sedekah Bumi ini ditandai dengan kegiatan bancaan (kenduri) seluruh masyarakat Desa Ngurenrejo. Pelaksanaan bancaan di sentral di Balai Desa Ngurenrejo. Acara bancaan dimulai pukul 06.00 wib hingga selesai, yang  diikuti masyarakat desa setempat dan warga Desa sekitar Desa Ngurenrejo.

Malam hari sebelumnya (Sabtu malam) juga sudah dilaksanakan bancaan oleh keluarga besar Pemerintah Desa Ngurenrejo yang terdiri Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Perangkat Desa di rumah Bapak Kepala Desa (Bp. Sudiyono) mulai pukul 18.00 wib hingga selesai. Hadir dalam acara ini seluruh Perangkat Desa, BPD, Ketua RT-RW dan lembaga desa lainnya. Disamping bancaan dilaksanakan pula tahlil bersama untuk memberikan do’a terkhusus para leluhur Desa Ngurenrejo. Tahlil bersama dipimpin oleh Sdr. Suyoto Staf Kesra Desa Ngurenrejo.

Minggu siang mulai pukul 12.00 wib diselenggarakan kesenian tradisional wayang kulit bertempat di Balai Desa Ngurenrejo. Pagelaran wayang kulit ini merupakan acara tradisi setiap hajatan Sedekah Bumi yang tidak dapat ditinggalkan. Karena merupakan tradisi Sedekah Bumi warisan leluhur masyarakat Desa Ngurenrejo. Sedangkan kesenian lainnya sebagai hiburan pendukung acara Sedekah Bumi, semisal ketoprak, dangdhutan dan olah raga. Pagelaran wayang kulit yang mengambil cerita Seno Tani ini menggambarkan kegiatan dan kehidupan tempo dulu masyarakat pedesaan akan riwayat bercocok tanam padi. Seno Tani sebagai visualisasi legenda masyarakat desa bertani dan mengolah tanah pertanian untuk memperoleh kesejahteraan hidup.

Malam harinya (Minggu malam) acara hiburan dilanjutkan dengan pagelaran ketoprak Sri Kencono dari Pati, bertempat di lapangan sepak bola Dorowati. Mengambil cerita Sabuk Inten Nogososro, episode Haryo Saloko Tanding. Dalam kesempatan sambutan Kepala Desa Ngurenrejo jelang pagelarang ketoprak dimulai, menyapaikan pesan moral untuk kekompakan dan persatuan seluruh warga Desa Ngurenrejo guna mendukung kegiatan pemerintahan dan pembangunan guna memajukan Desa Ngurenrejo tercinta secara bersama-sama. Dengan semboyan guyub rukun mbangun desa berharap peningkatan kemajuan desa segera terwjud dan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai. Ke depan Desa Ngurenrejo akan menjadi Desa yang maju mandiri dan sejahtera.

Selamat Hari Sedekah Bumi Desa Ngurenrejo. Bersatu dan maju bersama untuk kesejahteraan bersama pula bagi seluruh rakyat Desa Ngurenrejo.

Facebook Comments

ngurenrejo

Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Mungkin Anda juga menyukai