SETIAP MALAM JUM’AT WARGA DESA NGURENREJO-NGURENSITI ADAKAN TAHLIL BERSAMA DI MAKAM KI AGENG SINGOPADU

Rumah adat warga Desa Ngurenrejo, terletak di komplek makam Ki Ageng Singo Padu (foto/admin)
Komplek makam Ki Ageng Singo Padu yang terletak di Desa Ngurenrejo Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati (foto/dok.admin)

ngurenrejo-pati (Kamis, 11-07-2019).  Jelang sedekah bumi Desa Ngurenrejo dan Desa Ngurensiti yang jatuh pada hari Minggu Kliwon 14 Juli 2019, masyarakat Desa Ngurenrejo dan Desa Ngurensiti mulai berbenah di lingkungan desa masing-masing. Berbagai kegiatan kebersihan lingkungan, olah raga dan seni budaya mulai dipersiapkan guna memeriahkan hari Sedekah Bumi atau Bersih Desa. Kedua desa ini (Ngurenrejo-Ngurensiti) memang memiliki ikatan sejarah cikal bakal, mengingat awalnya hanya satu perdukuhan dengan sebutan Nguren.

Adalah Ki Ageng Singo Padu yang merupakan pembesar di perdukuhan Nguren yang memberikan nama Ngurenrejo dan Ngurensiti sesuai dengan perdukuhan yang ada di Nguren ketika itu. Oleh karenanya atas jasa-jasa beliau masyarakat kedua desa di atas selalu menghargai dan menghormati Ki Ageng Singo Padu selaku pembesar (istilah lain : danyang) Nguren. Tidak hanya sebatas tokoh yang membangun Nguren saja, melainkan Ki Ageng Singo Padu juga sebagai guru bagi masyarakat kedua desa. Khususnya guru dalam olah tanah atau bercocok tanam. Sehingga hingga kini bidang pertanian merupakan lahan kerja yang utama di kedua desa tersebut.

Setiap malam jum’at warga kedua desa mengadakan tahlil bersama di Komplek makam Ki Ageng Singo Padu. Waktunya setelah shalat magrib hingga jelang shalat isya. Pemimpin tahlil diatur secara bergantian dari tokoh agama masing-masing desa. Disamping tahlil juga diisi pula ceramah agama oleh KH. Sugiyo dari Desa Ngurenrejo. Malam jum’at ini juga diadakan tahlil seperti biasanya, namun lebih istimewa dikarenakan malam ini jelang hari Sedekah Bumi Desa Ngurenrejo-Ngurensiti. Tak hanya warga kedua desa setempat saja yang berziarah, namun hadir juga ikut tahlil dan berziarah warga dari desa tetangga sekitar bahkan ada yang dari luar daerah Pati.


Acara tahlil bersama kedua desa ini diselenggarakan secara rutin setiap malam jum’at di komplek makam Ki Ageng Singo Padu. Tujuannya memberikan do’a kepada Ki Ageng Singo Padu dan para leluhur warga kedua desa. Sedangkan acara khusus khormat Ki Ageng Singo Padu diadakan tiap tahun sekali pada tanggal 1 Muharram tahun Hijriyah.

About ngurenrejo 204 Articles
Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Jadi yang Pertama Berkomentar