GERMAS SENAM SEHAT BAGI MASYARAKAT DESA NGURENREJO

Senam pagi wujud Germas Hidup Sehat masyarakat Desa Ngurenrejo (foto/sutrisno)

ngurenrejo-pati. (Minggu, 07-07-2019). Momentum Sedekah Bumi banyak dimanfaatkan masyarakat desa dalam kegiatan olah raga dan seni budaya. Acara tradisi desa rutin tahunan tersebut dapat dijadikan ajang untuk mewujudkan kreatifitas dan inovasi serta semangat untuk menampilkan karya seni, budaya dan kegiatan olah raga yang digemari masyarakat setempat. Sejalan dengan program desa Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat, momentum Sedekah Bumi diisi pula dengan kegiatan olah raga, diantaranya senam pagi dan jalan sehat yang diikuti seluruh lapisan masyarakat Desa Ngurenrejo dan warga desa tetangga.

Senam pagi lebih digalakan oleh desa melalui TP PKK Desa Ngurenrejo sebagai wujud nyata Germas Hidup Sehat yang telah menjadi program desa dalam membangun sumber daya manusia agar masyarakat menjadi masyarakat yang madani sehat lahir dan batin. Senam pagi yang ketika dulu hanya diperuntukan anak-anak sekolah, sekarang dengan mulai adanya Germas Hidup Sehat di desa, senam pagi makin sering diselenggarakan di kalangan ibu-ibu, remaja bahkan orang tua dan lansia. Tidak ketinggalan senam pagi juga makin digemari kalanang anak-anak. Terbukti banyaknya pengikut senam pagi yang diselenggarakan dalam rangka Bersih Desa atau Sedekah Bumi Desa Ngurenrejo tahun 2019 pagi ini.

Minggu pagi 07 Juli 2019 mulai pukul 06.00 wib bertempat di Lapangan Sepak Bola Dorowati Desa Ngurenrejo diselenggarakan senam pagi masal dalam rangka Sedekah Bumi Desa Ngurenrejo tahun 2019 yang prakarsai oleh Panitia Sedekah Bumi bekerja sama dengan TP PKK Desa Ngurenrejo. Senam pagi tersebut diikuti oleh Kepala Desa beserta Perangkat Desa, Para Ketua RT-RW, TP PKK Desa, Karang Taruna, kalayak umum dan anak-anak. Mereka berasal dari warga Desa Ngurenrejo dan warga desa tetangga. Tak ketinggalan senam pagi ini juga diikuti babinsa dari Koramil Wedarijaksa, Babinkamtibmas dari Polsek Wedarijaksa dan undangan lainnya. Pelaksanaan senam pagi semakin bergairah karena dipandu oleh instruktur senam ternama dari kota Pati. Masyarakat peserta senam pagi antusias sekali mengikuti senam pagi kali ini karena jatuhnya pelaksanaan pada hari minggu/liburan sekolah sehingga banyak yang bisa mengikuti.

Selain sebagai salah satu rangkaian acara Sedekah Bumi Desa Ngurenrejo, senam pagi ini dikandung maksud dan tujuan mewujudkan pelaksanaan program desa Germas Hidup Sehat yang diintegrasikan dengan kegiatan TP PKK Desa dan Panitia Sedekah Bumi.  Harapannya agar senam pagi dapat menjadi salah satu agenda rutin PKK Desa sehingga upaya  untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olah raga yang dulu pernah populer dapat bergaung kembali di kalangan masyarakat desa. Pada akhirnya diharapkan masyarakat desa dapat secara kesadaran sendiri menggemari dan melakukan olah raga yang sesuai dalam menjaga kondisi fisik mereka melalui pola hidup sehat.

Acara senam pagi diakhiri sekitar pukul 07.30 WIB dan dilanjutkan dengan acara jalan santai menyusuri sepanjang jalan keliling desa Ngurenrejo.

Facebook Comments

ngurenrejo

Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Mungkin Anda juga menyukai