KARANG TARUNA KABUPATEN PATI DEKLARASIKAN GERMAS DAN STOP ODF

Deklarasi Germas dan STOP Buang Air Besar (BAB) sembarang tempat oleh Karang Taruna Kabupaten Pati di Desa Ngurenrejo
(ngurenrejo-wedarijaksa.desa.id/sutrisno)

Ngurenrejo-wedarijaksa.desa.id. Jum’at 22 Maret 2019. Semakin meningkatnya gangguan kesehatan masyarakat yang disebabkan oleh kurangnya kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan mengetuk hati Karang Taruna Kabupaten Pati untuk peduli akan kesehatan lingkungan dan kebersihannya. Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, Karang Taruna mempelopori Gerakan Masyarakat (Germas) hidup sehat dan Stop Buang Air Besar (BAB) di sembarang tempat. Tidak salah peribahasa mengatakan “Kebersihan Pangkal Kesehatan”. Berawal dari situ sudah bisa dipahami bawasannya akar masalah gangguan kesehatan masyarakat berada pada tingkat kepedulian masyarakat terhadap lingkungan tempat tinggalnya sendiri.

Guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan lingkungan dan mendorong kepedulian terhadap kebersihan lingkungan Karang Taruna mengawali gebrakan Germas dan Stop ODF (Open Defecation Free) atau Buang Air Besar Sembarang Tempat, dengan pendeklarasian gerakan tersebut untuk tingkat Kabupaten Pati. Maksud dari deklarasi tersebut untuk lebih menyatukan tekad dan semangat dalam mendorong masyarakat untuk berperilaku sehat/ PHBS dan peduli terhadap kebersihan lingkungan. Gerakan ini dimulai dari diri sendiri, keluarga dan berlanjut ke masyarakat. Dari tindakan yang sederhana seperti cuci tangan, buang sampah didak sembarangan dan BAB di tempat yang benar, tidak sembarangan di kali atau tempat terbuka lainnya, hingga meningkat ke tindakan hidup sehat lainnya, semisal tidak merokok, gemar makan sayur dan buah serta selalu berolah raga.

Deklarasi Germas dan Stop ODF yang dilaksanakan oleh Karang Taruna Kabupaten Pati diselenggarakan pada hari Jum’at 22 Maret 2019 mulai pukul 07.00 wib hingga selesai. Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Dorowati Desa Ngurenrejo Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. Hadir dalam acara tersebut Bapak Bupati Pati yang diwakili Asisten II Setda Pati, Ketua Karang Taruna Kabupaten Pati yang diwakili oleh Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Pati,Kepala DKK Kabupaten Pati, Kepala Puskesmas Wedarijaksa, Kepala Desa se-Kecamatan Wedarijaksa, perwakilan Karang Taruna Desa se-Kecamatan Wedarijaksa, PKK Desa dan kader kesehatan.

Acara diawali dengan senam sehat bersama, sarapan pagi dengan menu sayur, ikan, dan buah. Tampil juga opera Karang Taruna dengan tema ” STOP ODF” yang dimainkan oleh anak-anak dari Karang Taruna Desa Pagerharjo. Opera ini memberikan sosialisasi akan pentingnya perilaku hidup sehat dan tidak BAB sembarang tempat. Alur cerita menggambarkan sebuah keluarga yang belum memahami PHBS dan dampak kebiasaan perilaku yang salah, diantaranya berak di kali, cuci pakaian dikali dan air minum juga dari air kali yang kotor. Sosialisasi ini memberikan pemahaman akibat perilaku salah tidak sehat dan memberikan pula pemahaman perilaku yang baik dan sehat. Puncak acara ditandai dengan penanda tanganan deklarasi Germas dan STOP ODF oleh semua Karang Taruna Kabupaten Pati.

Dalam sambutannya Kepala DKK Kabupaten Pati menghimbau semua masyarakat untuk membiasakan berperilaku hidup sehat dalam kesehariannya. Lebih lanjut dijelas tentang pengertiang ODF dan BAB sembarang tempat. Salah satu solusi untuk meningkatan kesehatan lingkungan dan masyarakat adalah perlunya jamban sehat. Disarankan agar masyarakat untuk sementara dpat membuat jamban sehat agar tidak BAB sembarang tempat. Inti sambutannya jika saat sekarang sudah waktunya STOP ODF dan biasakan PHBS.
Salam sehat.

 

 

Facebook Comments

ngurenrejo

Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Mungkin Anda juga menyukai