PERTEMUAN KELAS IBU DAN BALITA DALAM KEGIATAN BINA KELUARGA BALITA (BKB)

Kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) di Desa Ngurenrejo melaksanakan pertemuan kelas ibu dan balita di PKD Ngurenrejo
(ngurenrejo-wedarijaksa.desa.id)

ngurenrejo-wedarijaksa.desa.id. Rabu, 20 Maret 2019. Dalam rangka pelaksanaan program Bina Keluarga Balita (BKB) yang merupakan salah satu kegiatan Program Kampung KB, pengurus Kampung KB telah menyelenggarakan pertemuan rutin Kelas Ibu dan Balita. Pertemuan ini diikuti para balita beserta ibunya yang ada di Desa Ngurenrejo. Pertemuan ini bersifat rutin dan dilaksanakan sebulan sekali. Dalam kegiatan kelas Ibu dan Balita selaku nara sumber dan sekaligus peyananan kepada para balita adalah bidan desa dibantu para kader kesehatan dan kader posyandu. Hadir pula dalam kegiatan kelas Ibu dan Balita Ketua Tim Penggerak PKK Desa Ngurenrejo ibu Anita Susanti Sudiyono sekaligus penanggungjawab atas program BKB di Desa Ngurenrejo. Dalam kegiatan pertemuan kelas Ibu dan Balita kali ini diberikan materi penyuluhan kepada para ibu akan pentingnya gizi bagi pertumbuhan balita. Gizi yang baik akan menunjang pertumbuhan balita secara normal. Akan tetapi gizi yang buruk dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan balita. Hal ini juga yang memungkinkan atau penyebab potensi adanya stunting (pertumbuhan kerdil) bagi si balita. Oleh karenanya wawasan para ibu yang memiliki balita harus diperbanyak agar ketika di rumah para ibu dapat memberikan perhatian penuh pada si buah hatinya akan asupan gizi yang berkualitas untuk mencegah timbulnya stunting pada diri si anak tersebut.

Kegiatan kelas Ibu dan Balita ini diselenggarakan pada hari Selasa tanggal 19 Maret 2019 bertempat di Pos Kesehatan Desa (PKD) Doro Wars Desa Ngurenrejo. Pelaksanaan dimulai pukul 08.00 wib sampai selesai. Dalam kegiatan tersebut selaku pelayanan terhadap balita ditangani oleh bidan desa, sedang materi pertemuan yang disampaikan di kelas Ibu dan Balita oleh para Kader Kesehatan dan Kader Posyandu.

Dalam acara pertemuan kelas Ibu dan Balita tidak ketinggalan diberikan pula makanan tambahan bagi para balita. PMT ini sudah menjadi program desa dan PKK Desa dalam upaya meningkatkan gizi para balita sehingga di Desa Ngurenrejo harapannya para balita bisa tumbuh kembang dengan normal dan memiliki kondisi fisik dan psikis yang sehat. PMT ini juga dilaksanakan dalam rangka upaya desa dan PKK Desa mencegah timbulnya stunting bagi para balita di Desa Ngurenrejo. Harapannya dengan upaya tersebut anak-anak Desa Ngurenrejo yang merupakan calon generasi penerus desa akan menjadi anak yang sehat secara fisik dan psikis serta memiliki kecerdasan yang tinggi karena didukung gizi yang baik. Serta menjadikan anak-anak Desa Ngurenrejo mejadi anak yang tumbuh kembang dengan normal secara menyeluruh dan tidak lagi ditemukan adanya anak yang mengalami gangguan stunting serta mengalami gizi buruk. Mudah-mudahan dengan kegiatan pertemuan rutin kelas Ibu dan Balita dapat menambah wawasan para keluarga dalam membina anak-anaknya untuk menjadikan anak yang cerdas, baik dan normal.

 

 

Facebook Comments

ngurenrejo

Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Mungkin Anda juga menyukai