“TAMAN MINI” DI TK TAMAN PUTERA NGURENREJO

Gedung TK Taman Putera Desa Ngurenrejo, lokasi di komplek Prasarana Pendidikan Desa Ngurenrejo. Makin cantik dengan lukisan dinding dan taman mini
( ngurenrejo-wedarijaksa.desa.id )

NGURENREJO//Sabtu, 09.03.2019~ Kesan wow……, begitu melihat langsung  saat ini tampilan gedung TK Taman Putera Desa Ngurenrejo Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. Gedung TK Taman Putera yang terletak di komplek prasarana pendidikan Desa Ngurenrejo tepatnya di Jalan Doro Desa Ngurenrejo selalu berinovasi untuk mengembangkan kemajuan TK tersebut. Letaknya yang strategis karena berada di tengah-tengah desa, satu komplek dengan KB/PAUD, SD, TPQ, masjid dan lapangan sepak bola Dorowati menjadikan TK Taman Putera ini selalu dapat dilihat langsung oleh warga masyarakat setempat dan pengguna jalan umum Desa Ngurenrejo. Apalagi jalan Doro termasuk jalan poros desa yang banyak dilalui oleh masyarakat umum sekitar Desa Ngurenrejo dan masyarakat dari daerah lain. Hal ini menjadikan TK Taman Putera mudah dijangkau oleh semua pihak yang berkepentingan dengan TK, khususnya para wali murid saat mengantar jemput putra-putrinya yang bersekolah di TK Taman Putera. Perlu diketahui pula bahwa anak didik TK Taman Putera tak sebatas dari warga Desa Ngurenrejo saja, melainkan banyak pula anak-anak dari warga desa tetangga, seperti anak-anak dari warga Desa Ngurenrejo seperti Desa Ngurensiti dan Pagerharjo.

Keindahan tampilan gedung TK Taman Putera ini berkat adanya pembuatan taman mini baru di halaman samping gedung TK. Taman ini selain memperindah TK Taman Putera juga berfungsi sebagai media belajar anak-anak TK terkait tema pembelajaran alam dan tanaman. Taman mini ini juga dihiasi dengan gelantungan bola-bola kecil warna warni, sehingga menambah keindahan taman dan komplek TK secara keseluruhan. Ini pula juga mendorong daya tarik anak dan wali murid untuk meenyekolahkan putra-putrinya di TK Taman Putera karena pengelolaan TK yang baik dan teratur.

Tak cukup sebatas taman mini, yang menarik taman ini juga ditanami dengan rumput khusus taman dan dihiasi dengan ornamen taman berupa hiasan dari batu dan semen bergaya arsitektur seni pertamanan untuk menambah keserasian, keindahan dan kesejukan pandangan mata. Disamping itu juga taman ditanami dengan berbagai jenis tanaman hias dan buah buahan berumur pendek sehingga cepat berbuah dan anak-anak TK dapat belajar mulai menanam, merawat hingga memanen buahnya. Begitu harapan dan tujuan yang ingin dicapai dengan adanya pembuatan taman mini di TK Taman Putera.

Pembuatan taman mini TK Taman Putera dilaksanakan pada awal tahun 2019. Berlokasi di bagian samping kiri dan belakang gedung utama TK. Sumber dana dari APBS TK Taman Putera tahun anggaran 2018-2019 dan bantuan masyarakat melalui para wali murid. Bahkan wali murid banyak yang membantu berupa tenaga dalam bentuk kerja bhakti bersama-sama pembersihan lahan sebelum pembuatan taman. Dan juga kerja bhakti menanam tanaman hias di lokasi taman secara gotong royong. Pihak TK Taman Putera yang diwakili oleh Kepala TK Taman Putera Ibu Nur Khasanah, S.Pd. sangat mengapresiasi peran para wali musid dalam mebantu mengembangkan TK dan dalam pembuatan taman mini TK sehingga harapannya TK Taman Putera dapat menjadi TK yang maju dan dapat bersaing dengan TK-TK lain di Kecamatan Wedarijaksa dapat segera terwujud.

Sebelum adanya taman mini, di TK Taman Putera juga sudah tersedia media permainan anak-anak seperti ayunan, slorodan, bola dunia, jungkat-jungkit dll. Fasilitas lain yang juga ada di komplek TK Taman putera yakni area bermain yang teduh karena menggunakan atap galvalum serta tempat parkir guru. Adanya pagar pembatas juga menjadikan fasilitas pengaman bagi sarana yang ada di TK Taman Putera. Harapannya semua pihak harus bisa merasa memiliki dan mau menjaga keindahan Taman Mini TK Taman Putera, karena TK ini milik masyarakat Desa Ngurenrejo.

Disamping peran Pemerintah Desa, masyarakat Ngurenrejo dan wali murid, kemajuan TK Taman Putera juga tak lepas dari peran para pendidik yang ada di TK Taman Putera. Kerja sama dan kekompakan mereka para guru pengasuh yang utama menjadikan TK kebanggaan warga masyarakat Ngurenrejo ini dapat maju. Para guru inilah yang paling berjasa. Para guru tersebut terdiri dari :

– Nur Kashanah, S.Pd.
– Untari, S.Pd.
– Setyowati, S.Pd.
– Sugiarti, S.pd.

Taman Putera mendidik sejak dini calon-calon pemimpin desa, kabupaten bah negara. Semoga Taman Putera Makin Maju dan Sukses.

About ngurenrejo 204 Articles
Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Jadi yang Pertama Berkomentar