ARISAN RT MEDIA SILATURAHMI ANTAR WARGA DI LINGKUNGAN PEDESAAN

Pertemuan RT atau yang sering dikenal dengan istilah RTnan, setiap tanggal 1 atau awal bulan
(ngurenrejo-wedarijaksa.desa.id/sutrisno)

ngurenrejo~01-03-2019. Sudah menjadi kegiatan rutin lingkungan khususnya RT di Desa Ngurenrejo setiap awal bulan mengadakan pertemuan arisan RT atau warga setempat sering menyebut dalam bahasa jawa dengan istilah RT-nan. Ada yang melaksanakan arisan RT pada setiap tanggal 1 atau awal bulan, ada juga yang dilaksanakan pada akhir bulan sekitar tanggal 28-31 setiap bulannya. Kegiatan rutin ini berjalan untuk seluruh RT yang ada di Desa Ngurenrejo dari jumlah RT yang ada sebanyak 23 RT yang terbagi menjadi 3 RW.

Kegiatan RT-nan ini umumnya dilakukan secara anjang sana bergiliran dari satu rumah warga ke rumah warga lainnya dalam lingkup satu RT. Dalam pertemuan tersebut dihadiri seluruh warga RT dan pembina RT dari unsur Perangkat Desa. Kegiatan rutin RT-nan ini selalu diadakan secara rutin dengan maksud sebagai wahana silaturahmi antar warga sebulan sekali. Disamping itu pada pertemuan RT-nan juga dijadikan media musyawarah tingkat RT untuk membahas hal-hal yang menjadi keburuhan dan permasalahan di tingkat lingkungan. Pertemuan dimaksud juga sering dilakukan pembinaan warga oleh Pemerintah Desa yang diwakili Perangkat Desa yang bertugas sebagai kring di wilayah RT tersebut. Ajang pertemuan itu juga dimanfaatkan bagi Desa untuk menyerap aspirasi dari bawah, sebagai umpan balik atas program dan kegiatan Desa, sehingga antara warga masyarakat dan desa selalu terjalin komunikasi dan persatuan untuk kebaikan bersama dan kemajuan desa tentunya.

Dalam pertemuan RT-nan kadang juga dihadiri para ibu yang kebetulan suaminya sedang bekerja di luar daerah. Bahkan kadang para ibu menyertakan anaknya ikut bersama mengikuti kegiatan RT-nan yang selalu dihiasi dengan suguhan khas pedesaan yaitu jajan desa. Sederhana namun penuh makna. Itulah kesan yang tertangkap setiap ada pertemuan RT-nan. Dengan kegiatan yang positif ini diharapkan lembaga desa RT/RW selalu aktif dalam membantu desa memberdayakan masyarakat dan melaksanakan pembinaan kemasyarakatan. Karena dengan peran lembaga desa seperti RT, RW, LPMD, PKK Desa dan karang Taruna akan membantu desa dalam mewujudkan cita-cita desa menjadikan desa yang maju mandiri dan sejahtera.

About ngurenrejo 204 Articles
Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Jadi yang Pertama Berkomentar