SIDANG HAK ATAS TANAH (HAT) DALAM PROGRAM PTSL DI DESA NGURENREJO TAHUN 2019

Sidang Hak Atas Tanah (HAT) dalam PTSL di Desa Ngurenrejo oleh Tim II BPN Pati tahun 2019 (ngurenrejo-wedarijaksa.desa.id/dok.desa)

ngurenrejo~26.02.2019. Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2019 di Desa Ngurenrejo sudah memasuki kegiatan penelitian riwayat tanah atau lebih dikenal dengan istilah Sidang Hak Atas Tanah (HAT). Pelaksanaan penelitian riwayat tanah dan dokumen atas tanah yang didaftarkan melalui PTSL dilakukan oleh Tim II BPN Pati yang dipimpin oleh Bapak Muhammad selaku Wakil Ketua Tim. Beliau didampingi para staf dari BPN Pati. Kegiatan penelitian tanah ini meliputi peneliatan atas kepemilikan tanah, riwayat tanah, dokumen kepemilikan, asal usul perolehan tanah dan berkas pendukung lainnya sebagai syarat pendaftaran hak atas tanah yang dimiliki pemohon.

Penelitian dan sidang HAT ini dilaksanakan pada hari ini Selasa 26 Februari 2019 bertempat di Balai Desa Ngurenrejo mulai pukul 09.00 wib hingga selesai. Pada acara tersebut dihadiri pula oleh Kepala Desa Ngurenrejo Bapak Sudiyoyo, Panitia PTSL tingkat Desa, Perangkat Desa dan para pemohon sertifikat program PTSL.

Maksud diadakannya kegiatan ini adalah sebagai pelaksanaan ketentuan BPN yang mengatur pendaftaran tanah melalui program PTSL. Tanah-tanah yang didaftarkan masih tercatat dalam buku letter C desa sehingga dengan PTSL harapannya seluruh tanah di Desa Ngurenrejo dapat bersertifikat. Jadi PTSL bertujuan seluruh tanah di Desa Ngurenrejo khususnya dapat bersertifikat dan diukur keseluruhan sehingga gambar tanah se Desa Ngurenrejo terdaftar di BPN.

Para pemohon wajib hadir secara langsung dalam kegiatan penelitian dan sidang HAT ini. Jika tidak dapat hadir dan menandatangani berkas permohonan secara langsung dapat diwakilkan dengan menggunakan surat kuasa. Hasil penelitian ini akan diproses di BPN oleh Tim PTSL BPN Pati untuk kegiatan selanjutnya yaitu pengukuran dan cetak sertifikat. Pada hari ini yang merupakan hari pertama penelitiandi Desa Ngurenrejo, Tim PTSL BPN Pati dapat menyelesaikan penelitian berkas sebanyak 42 berkas permohonan. Selebihnya akan dilanjutkan pada pekan depan di bulan Maret 2019.

Hingga hari ini pendaftar PTSL di Desa Ngurenrejo telah mencapai 150 pemohon/ bidang tanah, dari estimasi bidang tanah yang belum bersertifikat untuk Desa Ngurenrejo sekitar 200 bidang. Masih ada waktu untuk warga yang belum mendaftarkan tanahnya, dan pendaftaran ini dilayani panitia PTSL Desa Ngurenrejo di Kantor Desa pada jam kerja.

Kegaitan peneliatan dan sidang HAT berjalan aman, lancar tanpa ada kendala apapun. Panitia PTSL Desa Ngurenrejo masih membuka pendaftran hingga target sekitar 200 bidang terpenuhi.

About ngurenrejo 204 Articles
Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Jadi yang Pertama Berkomentar