FASILITASI ALMARI BUKU, PEMDES NGURENREJO DORONG PENGELOLAAN PERPUSDES

Almari buku guna menunjang pengembangan Perpustakaan Desa (foto.dok desa)

NGURENREJO, 20-02-2019. Pembangunan non fisik juga harus digalakan desa guna memenuhi kebutuhan masyarakat dan pemberdayaan lembaga desa yang ada. Perputakaan Desa (Perpusdes) Ngurenrejo telah ada beberapa tahun yang lalu, namun pengelolaan dan pengembangannya masih jalan di tempat. Pada tahun 2018 yang lalu Pemerintah Desa telah mendorong kembali kebangkitan Perpusdes dengan menggelontorkan Dana Desa (DD)di bidang pemberdayaan masyarakat berupa pengadaan almari buku untuk Perpusdes.

Pengadaan almari buku perpustakaan diadakan pada tahun anggaran 2018 dari dana yang bersumber dari DD. Lokasi Perpusdes berada di komplek Kantor Kepala Desa Ngurenrejo pada bagian gedung lantai satu. Pengelolaan Perpusdes dipercayakan kepada pengurus Perpusdes yang dibentuk Kepala desa. Ketua Pengurus Perpusdes adalah Maman Istiawan dibantu sekretaris, bendahara dan anggota pengurus lainnya.

Pemerintah Desa Ngurenrejo berkentingan untuk mengelola dan mengembangkan Perpusdes. Hai ini merupakan pelaksanaan salah satu prioritas penggunaan DD tahun 2018 bidang pemberdayaan masyarakat. Dengan Perpusdes  dikandung maksud untuk menggairahkan kembali minat baca masyarakat agar masyarakat dapat menambah pengetahuan dan wawasannya. Disamping melalui Taman Bacaan Masyarakat, Perpusdes diharapkan dapat menjadi prasarana pendukung dalam upaya mencerdaskan masyarakat melalui gerakan gemar membaca.

Sedangkan pengadaan almari buku Perpusdes dilakukan dalam upaya menata Perpusdes agar dapat berkembang dan semakin baik pengelolaannya. Banyak sekali- buku-buku Perpudes yang ada di desa, semakin tahun semakin menumpuk dan perlu adanya penataan yang baik agar para pengguna Perpusdes dapat mudah menemukan buku bacaan yang diinginkan dan mudah untuk mengembalikannya ke tempat semula.

About ngurenrejo 204 Articles
Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Jadi yang Pertama Berkomentar