PEMASANGAN SPIKER SEBAGAI SARANA PENUNJANG KOMUNIKASI DESA

 

Pemasangan Spiker sebagai sarana penunjang komunikasi desa (foto/dok.desa)

NGURENREJO, 18-02-2019. Akhir tahun 2018 Pemerintah Desa Ngurenrejo menambah pemasangan spiker atau sering disebut cororng oleh warga setempat guna menunjang komunikasi desa dengan warga masyarakat. Pengadaan spiker beserta kelengkapannya dibiayai dari sumber  Dana Desa (DD) tahun 2018. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) Ngurenrejo. Sejalan dengan program desa dalam memberikan informasi aktual dan terpercaya akan informasi desa kepada masyarakat dalam melaksanakan azas transparansi setiap aktivitas dan kegiatan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

 

Kegiatan pengembangan SID selalu diupayakan desa secara terus menurus dengan kemampuan dana yang terbatas. Namun tekad dan semangat untuk memajukan desa di segala bidang upaya pemasangan spiker yang ditempatkan di Balai Desa Ngurenrejo tentu akan menambah kelancaran aktivitas SID di Desa Ngurenrejo. Pemasangan spiker dilaksanakan pada pertengan bulan Desember 2018 dengan menggandeng rekanan Sdr. Masrukan dari Desa Pagerharjo, salah seorang anak muda yang kreatif dan mumpuni di bidang audio elektronik.

Desa Ngurenrejo yang berada didaerah aliran sungai Gung Wedi sangat membutuhkan adanya pengeras suara sebagai sarana komunikasi desa dengan warga masyarakat. Dengan sarana tersebut pihak desa dapat menyampaikan informasi secara langsung kepada masyarakat jika ada informasi penting yang harus didengan dan diketahui penduduk. Misalnya ketika terjadi banjir besar, desa dapat memberikan informasi melalui spiker yang bisa didengar seluruh masyarakat. Dengan cara demikian masyarakat dapat mengantisipasi bahaya yang sewaktu-waktu muncul dengan adanya banjir. Periapan menjaga tanggul sungai dan upaya lain dalam menjaga agar tanggul tidak bobol. Fungsi lain contohnya pengumuman adanya posyandu, gerakan PSN dan lain sebagainya.

 

 

Pemasangan jaringan komunikasi dengan spiker yang dipasang di bagian atas atap Balai Desa, juga dilengkapi spiker mini yang dipasang di bagian dalam ruangan Balai Desa, sehingga sarana ini juga dapat menunjang jika ada kegiatan pertemuan atau musyawarah yang dilaksanakan di dalam ruangan. Jadi dapat dikatakan bila kegiatan pengadaan jaringan komunikasi ini multi fungsi. Satu sisi sebagai sarana komunikasi kepada warga masyarakat, disis lain dapat berfungdi sebagai pengeras suara saat ada musyawarah. Pengaturan output suara dirancang sedemikian mudah mengoperasikannya, tinggal tinggal dimainkan sesuai kebutuhan.

Tindak lanjut dan pengembangan selanjutnya SID di tahun 2019 direncanakan pemasangan parabola dan peningkatan jaringan internet agar sinyal lebih kencang sehingga aktivitas desa yang banyak menggunakan internet dengan adanya aplikasi online yang harus dijalankan desa dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

Facebook Comments

ngurenrejo

Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Mungkin Anda juga menyukai