ADAKAN KERJA BHAKTI WARGA RT.002 RW.003 NGURENREJO BUAT JALAN BARU

Kerja bhakti warga RT.002 RW.003 Ngurenrejo dalam pengerasan jalan lingkungan (foto/dok.desa)

NGURENREJO~16-02-2019. Akses jalan yang baik dan layak sangat dibutuhkan warga RT.002 RW.003 Desa Ngurenrejo khususnya yang bermukim di dalam lingkungan jauh dari jalan desa. Pada musim penghujan seperti saat ini kebutuhan akses jalan guna transportasi dan perhubungan antar warga maupun akses keluar menuju jalan desa keberadaan jalan lingkungan sangat perlu dan mendesak untuk dibangun. Berdasarkan kesepakatan warga RT.002 RW.003 yang diputuskan dalam musyawarah RT pada bulan Januari 2019 maka disepakati dibuat jalan baru dalam lingkungan RT.002 RW.003. Jalan baru tersebut terhubung dengan jalan desa sehingga warga RT.002 RW.003 yang kebetulan rumahnya jauh dari jalan desa dapat berhubungan dan berkomunikasi dengan sesama warga dalam satu lingkungan dan/atau dengan warga lain.

Demi mewujudkan jalan baru tersebut pada hari Jum’at kemarin diadakan kerja bhakti untuk pembuatan jalan baru. Langkah awal pembuatan jalan baru setelah adanya kesepakatan dan keikhlasan warga pemilik tanah untuk sebagian tanahnya dibuat jalan, maka diadakan pengukuran, profil jalan dilanjutkan pengerasan jalan dengan pengurugan menggunakan tanah padas dan sirtu. Biaya pembuatan jalan baru atas swadaya masyarakat lingkungan setempat ditambah subsidi dari Desa Ngurenrejo.

Menurut keterangan sdr. Pahing selaku Ketua RT.002 RW.003 bahwa pembuatan jalan baru diperkirakan sampai selesai menelan biaya sebesar Rp. 10.000.000,-. Kelanjutan pengerjaan jalan baru akan dilanjutkan tahun depan dengan makadam jalan setelah jalan benar-benar dalam kondisi sudah keras. Direncanakan pula kelanjutan jalan ini akan menyambung dengan wilayah lingkungan di RT.001, 003  RW.003. Besar harapan warga setempat dengan pembangunan jalan baru ini akan menjadikan transportasi lancar, akses ke jalan desa lebih mdah dan tentu akan menjadikan lingkungan lebih rame. Tak ketinggalan efek yang mengikutinya adalah kenaikan nilai jual tanah setelah adanya akses jalan keluar masung lingkungan pemukiman.

About ngurenrejo 204 Articles
Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Jadi yang Pertama Berkomentar