BERANTAS NYAMUK DBD WARGA ADAKAN FOGGING SECARA SWADAYA

Kegiatan pengasapan (fogging) untuk berantas nyamuk DBD di Desa Ngurenrejo (foto/dok.desa)

Ngurenrejo (Kamis, 14.02.2019). Tak memberikan kesempatan nyamuk DBD berkembang dan mengancam kesehatan masyarakat khususnya gangguan penyakit Demam Berdarah (DB) seluruh masyarakat Desa Ngurenrejo mengadakan pengasapan (fogging) secara swadaya dan dilaksanakan secara serentak di wilayah permukiman dan lingkungan Desa Ngurenrejo. Kegiatan pengasapan ini diprakarsai oleh para Ketua RT-RW se Desa Ngurenrejo yang difasilitasi Pemerintah Desa Ngurenrejo dalam mempersiapkan kegiatan pengasapan. Cakupan kegiatan pengasapan ini meliputi seluruh wilayah Desa Ngurenrejo yang terdiri dari 23 RT yang tersebar di 3 RW.

Kegiatan pengasapan dilaksanakan pada hari Kamis, 14 Februari 2019. Lokasi kegiatan menyeluruh wilayah Desa Ngurenrejo. Kegiatan ini dikoordinir oleh Bp. Yusup Muhammad selaku Kasi Kesra Desa Ngurenrejo. Pelaksanaan kegiatan pengasapan dipercayakan kepada Tim dari DKK Pati untuk memperlancar aktivitas pengaasapan yang dilakukan selama satu hari penuh. Ikut serta berpatisipasi aktif dalam kegiatan ini para Ketua RT-RW se Desa Ngurenrejo.

Sebelum pelaksanaan fogging dimulai, terlebih dahulu diadakan meeting bersama antara pihak Desa dengan Tim Fogging. Tujuannya menyamakan persepsi langkah pelaksanaan agar dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib. Meeting diadakan di Balai Desa Ngurenrejo yang dihadiri Bp. Kepala Desa Ngurenrejo Bp. Sudiyono, para Perangkat Desa dan Tim. Selanjutnya do’a yang dipimpin oleh Bp. Suyoto Staf Kesra Desa Ngurenrejo dan dilanjutkan foto bersama sebelum memulai kegiatan.

Pelaksanaan pengasapan dimulai pukul 09.30 WIB dan hingga berita ini diturunkan kegiatan masih belangsung. Diperkirakan pengasapan akan selesai hingga sore-malam hari nanti. Tim pengasap memulai kegiatan dari RT.001 RW.001 berlanjut ke wilayah RT lainnya di RW.001. Direncanakan siang hingga sore hari nanti berlanjut ke wilayah RT di lingkup RW.002 dan RW.003.

Masyarakat sangat memahami akan bahaya adanya penyakit Demam Berdarah. Beberapa minggu yang lalu di Desa Ngurenrejo juga sudah diadakan fogging atas bantuan DKK Pati mengingat telah ada pasien positif terserang DM. Maka untuk lebih mengamankan wilayah Desa Ngurenrejo secara bersama-sama berswadaya untuk mengadakan fogging serentak dalam satu desa. Harapannya agar nyamuk DBD sebagai perantara penyakit DB dapat terputus mata rantai perkembangannya.

Untuk selanjutnya masyarakat sepakat untuk selalu mengadakan kegiatan rutin Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) guna menjaga kebersihan lingkungan dan upaya pencegahan penyakit DB.

About ngurenrejo 204 Articles
Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Jadi yang Pertama Berkomentar