PENYULUHAN PTSL TAHUN 2019 DI DESA NGURENREJO

Penyuluhan PTSL Tahun 2019 di Desa Ngurenrejo oleh BPN Pati (foto/dok desa)

ngurenrejo, 09.02.2019~ Pada tahun 2019 Desa Ngurenrejo mendapatkan program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) dari kantor BPN Pati. Bagi Desa Ngurenrejo program PTSL ini merupakan tahun yang ketiga, dimana sebelumnya telah mendapatkan program yang sama pada tahun 2017 dan 2018. Terkait dengan program PTSL dimaksud, BPN Pati melaksanakan kegiatan tahapan penyuluhan PTSL kepada masyarakat Desa Ngurenrejo. Kegiatan penyuluhan ini dimaksudkan agar masyarakat mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang pendaftaran tanah secara massal melalui program PTSL.

Penyuluhan PTSL di Desa Ngurenrejo dilaksanakan pada hari ini Sabtu, 09 Februari 2019 mulai pukul 09.00 wib sampai dengan selesai, bertempat di Aula Kantor Kepala Desa Ngurenrejo (Balai Desa Ngurenrejo). Penyuluhan disampaikan oleh Tim PTSL dari BPN Pati yang dipimpin oleh Bp. Suroso. Hadir dalam penyuluhan tersebut Tim PTSL BPN Pati, Kepala Desa Ngurenrejo beserta Perangkat Desa, BPD, Para Ketua RT-RW dan pemohon sertifikat yang sudah mendaftar di Desa.

Dalam sambutannya Kepala Desa Ngurenrejo yang diwakili oleh Sekretaris Desa Bp. Sutrisno, SH menyampaikan permohonan maaf bawaanya bapak Kepala Desa tidak dapat menghadiri secara langsung dikarenakan pada waktu yang bersamaan ada kegiatan di Semarang. Kemudian disampaikan pula oleh bapak Sekretaris Desa bahwa PTSL di Desa Ngurenrejo dua tahun berturut-turut berjalan lancar dan sukses. Harapannya pada tahun 2019 pelaksanaan PTSL khususnya di Desa Ngurenrejo harus lebih sukses. Disamping itu bapak Sekretaris Desa menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPN Pati atas kepercayaannya kepada Pemerintah Desa Ngurenrejo sehingga Desa Ngurenrejo mendapatkan quota kembali program PTSL di tahun 2019. Keberhasilan program PTSL di Desa Ngurenrejo tidak terlepas dari do’a dan dukungan masyarakat Desa Ngurenrejo, para pemohon, lembaga desa dan tentunya berkat kerja sama yang baik antara Desa dengan pihak BPN Pati.

Acara penyuluhan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, do’a, sambutan, sosialisasi dan penutup. Selanjutnya setelah do’a waktu penuh untuk penyuluhan PTSL. Penyuluhan sekaligus sosialisasi PTSL disampaikan langsung oleh bapak Suroso dari BPN Pati. Materi penyuluhan/ sosialisasi meliputi maksud dan tujuan program PTSL, quota PTSL Kabupaten Pati untuk tahun 2019 sebanyak 50.000 bidang tanah, persyaratan pendaftaran melalui PTSL, prosedur pendaftaran tanah melalui PTSL. Dalam keterangan lain bapak Suroso juga menyampaikan terkait manfaat dan fungsi sertifikat tanah bagi pemilik. Di akhir penyampaian materi juga disampaikan progres PTSL di Desa Ngurenrejo yang didahulukan pengerjaannya mengingat data tanah yang belum sertifikat tinggal sedikit sehingga diharapkan di tahun berikutnya seluruh tanah di Desa Ngurenrejo sudah bersetifikat. BPN juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama dan pelaksanaan PTSL yang sukses untuk Desa Ngurenrejo.

Di akhir acara penyuluhan diberikan kalender kepada para undangan yang hadir sebagai salah satu media sosialisasi program PTSL tahun 2019.

 

About ngurenrejo 204 Articles
Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Jadi yang Pertama Berkomentar