PEMBANGUNAN TALUD JALAN SEPAWON DESA NGURENREJO

Pembangunan talud jalan Sepawon Desa Ngurenrejo TA.2018 (Foto : dok.desa)

~Ngurenrejo, 07.02.2019~ Jalan poros desa yang menghubungan Desa Ngurenrejo, Pagerharjo, Jatimulyo dan Ngurensiti tepatnya jalan Sepawon masuk wilayah Desa Ngurenrejo pada tahun anggaran 2018 dibangun oleh Desa Ngurenrejo berupa pembangunan talud jalan. Pelaksanaan pembangunan secara swakelola desa yang dijalankan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) yang diketua Bapak Sumarno Kasi Pembangunan Desa Ngurenrejo. Penganggaran kegiatan pembangunan talud jalan Sepawon ini dibiayai dari APBDes Desa Ngurenrejo TA. 2018. Sumber dana dari Bantuan Keuangan untuk Pemerintah Desa dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp. 200.000.000,-. Volume kegiatan pembangunan talud jalan sepanjang 151 m, dengan ketinggian talud bervariasi antara 1-2,5 m, karena posisi jalan menurun.

Pelaksanaan kegiatan pembangunan talud jalan dikerjakan selama kurang lebih satu bulan yakni pada bulan Desember 2018. Lokasi kegiatan di jalan sawah blok sawah Sepawon. Jalan ini awalnya merupakan jalan bekas rel loko PG Trangkli yang telah diserahkan kepada pihak Desa Ngurenrejo. Jalan ini juga merupakan jalan penghubung Desa Ngurenrejo dengan desa-desa tetangga. Jadi jalan sawah Sepawon ini merupakan jalan poros Desa yang keberadaannya sangat dibutuhkan warga mengingat Desa Ngurnrejo merupakan kawasan desa penghasil bawang merah. Akses kelancaran transportasi sangat mendukung upaya peningkatan produksi pertanian dan kesejahteraan para petani. Disamping itu akses jalan tersebut dibangun dengan tujuan memperkuat jalan agar tidak cepat ambles atau longsong karena posisi jalan menurun. Dan juga jalan ini membantu kelancaran perhubungan antar desa di kecamatan Wedarijaksa maupun akses menuju daerah kecamatan Juwana.

TPK Desa Ngurenrejo yang merupakan Tim pelaksana mengawali kegiatan pembangunan dari kondisi 0%. Ditandai dengan pengukuran, pengambilan gambar/foto 0%, penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan penyusunan proposal permohonan dan pengajuan pencairan Bantuan Keuangan untuk Pemerintah Desa Ngurenrejo kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Setelah dana bantuan cair sekitar awal bulan Desember 2018 kegiatan fisik di lapangan dimulai.

Pada akhir Desember sekaligus akhir dari tahun anggaran 2018 kegiatan pelaksanaan pembangunan talud jalan Sepawon telah selesai hingga kondisi bangunan mencapai 100%. Atas tugas dan kewajibannya TPK selanjutnya menyusun pertanggungjawaban keuangan dan laporan akhir kegiatan kepada pemberi bantuan yaitu Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

 

About ngurenrejo 204 Articles
Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Jadi yang Pertama Berkomentar