MUSRENBANG TINGKAT KECAMATAN WEDARIJAKSA TAHUN 2019

Musrenbang tingkat kecamatan Wedarijaksa tahun 2019 dihadiri Forkompincam dan Bappeda Pati (Foto : oleh Sutrisno)

~Ngurenrejo, 07.02.2019~ Pembangunan yang baik tidak terlepas dari perencanaan yang baik pula sebagai awal melangkah dalam melaksanakan pembangunan. Perencanaan pembangunan juga tidak dapat hanya direncanakan seorang diri oleh pimpinan pemerintahan di tingkatan manapun, melainkan harus direncanakan secara bersama-sama melalui kegiatan yang disebut Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Musrenbang harus dilaksanakan secara berjenjang dari tingkatan Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Nasional. Musrenbang ini dilaksanakan setahun sekali untuk merencanakan kegiatan pembangunan pada tahun berikutnya. Camat selaku pimpinan pemerintahan di tingkat kecamatan berkewajiban menyelenggarakan Musrenbang tingkat kecamatan. Musrenbangcam didahului dengan kegiatan penjaringan aspirasi masyarakat yang dihadiri para Kepala Desa, delegasi / utusan desa dan tokoh masyarakat tingkat kecamatan.

Musrenbangcam Wedarijaksa dilaksanakan pada hari Kamis, 7 Februari 2019 bertempat di Aula Kantor Camata Wedarijaksa. Musrenbangcam Wedarijaksa didahului sebelumnya kegiatan penjaringan aspirasi masyarakat yang dilaksanakan sehari sebelumnya yakni Rabu, 6 Februari 2019 di tempat yang sama. Hadir dalam Musrenbangcam Wedarijaksa para anggota Forkompincam Wdarijaksa, Kepala Desa, delegasi desa, tokoh masyarakat. Kegiatan Musrenbangcam dipandu fasilitator dari Pendamping Desa (PD) kecamatan Wedarijaksa.

Pada kegiatan penjaringan aspirasi masyarakat, peserta jaring asmara dari delegasi desa, masing-masing diberi kesempatan untuk menyampaikan usulan yaang dibawa dari desa yang merupakan usulan kegiatan pembangunan infrastruktur, ekonomi dan sosial budaya yang tidak mampu dibiayai oleh anggaran desa. Selanjutnya usulan-usulan tersebut didisjusikan secara berkelompok untuk menyusun usulan lingkup kecamatan dan menyusun skala prioritas usulan. Selanjutnya usulan-usulan dirangkum oleh fasilitator dan disusun sebagai bahan musyawarah dalam Musrenbangcam.

Pada kegiatan Musrenbangcam yang dipandu fasilitator dibahas dan didiskusikan usulan dari kecamatan Wedarijaksa yang akan dibawa pada Musrenbang tingkat Kabupaten Pati. Diskusi dan pembahasan usulan mencakup 3 bidang yaitu bidang infrastruktur, ekonomi dan sosial budaya. Dari masing-masing bidang disusun skala prioritas sebanyak 5 usulan untuk dikawal dan diperjuangkan dalam Musrenbang tingkat kabupaten. Pengawalan usulan pada Musrenbangkab diwakili oleh delegasi kecamatan yang dipilih secara musyawarah pada Musrenbangcam tersebut. Pada Musrenbangcam kali ini terpilih sebagai delegasi kecamatan Wedarijaksa ada 3 orang yakni Sdr. H. Hadipan, SP, Darsono dan Tantri R.Mereka bertiga akan mengikuti kegiatan selanjutnya dalam perencanaan pembangunan di tingkat kabupaten untuk menyusun rancangan RKPD Kabupaten Pati tahun 2020.

 

About ngurenrejo 204 Articles
Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Jadi yang Pertama Berkomentar