PENGASAPAN (FOGGING) DI WILAYAH RW.001 DESA NGURENREJO

PENGASAPAN (FOGGING) DI WILAYAH RW.001 DESA NGURENREJO

Penyemprotan (fogging) nyamuk DBD di RW.001 Desa Ngurenrejo (foto/dok.desa)

~Ngurenrejo, Selasa 29-01-2019~ Datangnya musim hujan diiringi munculnya gangguan kesehatan masyarakat, diantaranya penyakit Demam Berdarah (DB). Lingkungan pemukiman dan rumah penduduk yang kotor menjadi salah satu penyebab penularan penyakit DB melalui nyamuk aides aigifty. Upaya pembersihan lingkungan melalui gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) oleh warga setempat telah dilakukan, namun masih saja muncul gangguan DB di Desa Ngurenrejo. Dinas Kesehatan Kabupaten Pati bekerja sama dengan Pemerintah Desa Ngurenrejo melaksanakan pengasapan rumah penduduk beserta lingkungannya di wilayah RW.001. Pokus pengasapan atau penyemprotan (fogging) di wilayah RT.007 RW.001 yang telah ditemukan beberapa warga positif terjangkit penyakit DB.

Penyemprotan nyamuk DB dilaksanakan pada hari Kamis 24 Januari 2019 yang lalu. Lokasi penyemprotan di wilayah RW.001 dengan titik utama sararan kegiatan di RT.007 RW.001. Penyemprotan kali ini merupakan lanjutan atau yang kedua setelah sebelumnya diadankan penyemprotan yang pertama yang dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2019 pada lokasi yang sama.

Kegiatan penyemprotan ini didasari atas permohonan pihak Pemerintah Desa Ngurenrejo yang telah mendapatkan laporan dari Puskesmas Wedarijaksa II dan pihak Rumah Sakit Umum Pati bahwa ditemukan pasien DB pada warga Desa Ngurenrejo, kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Pati. Langkah cepat DKK Pati langsung mengadakan penyemprotan di lokasi kejadian di wilayah RT.001 khususnya RT.007 RW.001. Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah penularan penyakit DB dengan cara diadakan pengasapan/penyemprotan guna membunuh nyamuk DB dewasa.

Kegiatan fogging diawali dengan koordinasi antara pihak Pemerintah Desa dengan DKK Pati. Selanjutnya diadakan penjadwalan foging untuk Desa Ngurenrejo. Kegiatan ini juga dilakukan oleh DKK Pati di desa-desa lain di Kabupaten Pati yang terjangkit DB. Prosedur normatif penyemprotan dilakukan sebanyak dua kali dalam selang waktu kurang lebih satu minggu. Untuk Desa Ngurenrejo dilakukan penyemprotan tahap I pada tanggal 17 Januari 2019 di lokasi kejadian yaitu di wilayah RW.001, dan dilanjutkan penyemprotan tahap II pada tanggal 24 Januari 2019 pada lokasi yang sama. Hal ini dilakukan agar jetik-jetik yang masih hidup pada saat penyemprotan tahap I, setelah menjadi nyamuk dewasa dapat dibunuh dengan adanya penyemprotan tahap II.

Disamping persiapan melalui koordinasi antara dua pihak, desa dan DKK Pati, persiapan kerja juga dilakukan oleh Tim Pengasapan/Penyemprotan dari DKK Pati. Hal ini dilakukan agar kegiatan lebih cepat selesai dengan hasil kerja yang maksimal. Target cakupan kegiatan sebanyak 37 rumah di wilayah RT.007 RW.001 dan pemukiman sekitarnya.

Pasca diadakannya pengasapan/penyemprotan diharapkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu mencaga kebersihan dan kesehatan lingkungan masing-masing agar gangguan kesehatan dan penyakit dapat dicegah lebih dini. Gerakan kebersihan lingkungan dengan metode 3M wajib digalakan. PSN dilakukan secara rutin dan berkala. Lingkungan bersih sehat, masyarakat ikut serta sehat pula.

 

 

Facebook Comments

ngurenrejo

Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Mungkin Anda juga menyukai