PEMBERSIHAN SUNGAI SEKEPU DESA NGURENREJO

PEMBERSIHAN SUNGAI SEKEPU DESA NGURENREJO

Kerja bhakti pembersihan sungai Sekepu oleh P3A ( foto/dok.desa)

~ngurenrejo, 28-01-2019~ Musim hujan telah tiba, curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan beberapa sungai kecil sudah mulai penuh dan bahkan ada yang sudah meluap. Sungai Sekepu Desa Ngurenrejo merupakan sungai kecil yang menjadi jaringan irigasi pertanian Desa Ngurenrejo. P3A Rukun Tani Desa Ngurenrejo mengantisipasi luapan sungai Sekepu dengan melakukan kegiatan kerja bhakti pembersihan sungai Sekepu dari sampah, enceng gondok dan rumput yang ada di dalam sungai. Disamping diikuti Pengurus P3A Rukun tani, kerja bhakti juga diikuti para anggota P3A dan Perangkat Desa.

Pada hari Minggu tanggal 27 Januari 2019, mulai jam 06.00 wib Pengurus P3A Rukun Tani bersama-sama dengan para anggota melakukan kerja bhakti pembersihan sungai yang berlokasi di Sungai Sekepu dan saluran irigasi sekitarnya. Kegiatan kerja bhakti dipimpin Ketua P3A Rukun Tani Sdr. Kasiman yang dibantu pengurus lainnya.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan kerja bhakti ini adalah untuk membersihkan sungai dari tumbuhan enceng gondok, sampah dan rumput lain yang menggangu aliran air sungai. Kegiatan ini dikandung maksud juga dalam upaya antisipasi luapan air sungai yang dapat menggenangkan tanaman bawang merah. Dengan pembersihan alur sungai dari tumbuhan pengganggu dan sampah diharapkan aliran air sungai bisa lancar dan sungai idak cepat meluap airnya.

Kerja bhakti diawali dengan pembersihan enceng gondok dan tumbuhan penggangu yang dimulai dari bagi hulu sungai Sekepu yang berada di pintu air sungai Kedung Singkil hingga sampai bagian hilir sungai Sekepu yang berada di sungai Afur Desa Pagerharjo. Kerja bhakti ini dibiayai secara swadaya oleh P3A Rukun Tani.

Tindak lanjut dari kegiatan kerja bhakti ini adalah menyelenggarakan kegiatan kerja bhakti serupa secara rutin minimal 2 bulan sekali agar kelestarian sungai Sekepu yang menjadi bagian jaringan irigasi dan saluran pembuangan banjir tetap lestari dan selalu terjaga baik kondisinya. Mengingat sungai Sekepu merupakan salah satu jaringan irigasi yang dibutuhkan para petani Desa Ngurenrejo.

About ngurenrejo 204 Articles
Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Jadi yang Pertama Berkomentar