PENINGKATAN KOMPETENSI KADER KESEHATAN MELALUI PELATIHAN TERPADU

PENINGKATAN KOMPETENSI KADER KESEHATAN MELALUI PELATIHAN TERPADU

(Ngurenrejo-16 Desember 2018). Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan skil para kader kesehatan desa, Tim Penggerak PKK (TP PKK) Desa Ngurenrejo bekerja sama dengan Kelompok Kerja (Pokja) Kampung KB Desa Ngurenrejo menyelenggarakan pelatihan bagi para Kader Kesehatan di Desa Ngurenrejo. Pelatihan Kader kesehatan kali ini diikuti peserta pelatihan sebanyak 25 orang yang terdiri dari para Kader Posyandu, anggota Pokja Kampung KB dan Pengurus Forum Kesehatan Desa (FKD). Kegiatan pelatihan kader kesehatan difasilitasi oleh Pemerintah Desa Ngurenrejo dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dari Puskesmas Wedarijaksa II, Kantor Camat Wedarijaksa dan PL KB Kecamatan Wedarijaksa.

Dalam pelatihan kader kesehatan ini peserta mendapatkan materi pelatihan secara teori untuk menambah pengetahuan dan wawasan para kader dalam bidang kesehatan guna meningkatkan kemampuan dalam memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat. Disamping itu peserta juga mendapatkan pratikum sederhana tentang tata cara pencegahan penyakit ringan yang sering muncul dimasyarakat khususnya penyakit bawaan seiring datangnya musim penghujan seperti diare, muntaber dan DB. Pratikum sederhana dimaksud diantaranya cara cuci tangan yang benar dan bersih, makanan sehat untuk anak-anak, kesehatan ibu hamil dan kebersihan rumah dan lingkungan.

Pelatihan kader kesehatan ini dikandung maksud dan tujuan memberikan tambahan pengetahunan dan ketrampilan para kader kesehatan agar para kader kesehatan desa dapat membantu desa dalam menciptakan suasana kesiapsiagaan desa menghadapi kegawat daruratan kesehatan masyarakat yang dapat muncul sewaktu-waktu. Sehingga manakala di masyarakat terjadi gangguan kesehatan yang mendesak dan dalam kondisi darurat, desa dan para kader bisa saling membahu mengatasi situasi gangguan kesehatan masyarakat tersebut, atau setidaknya dapat memberikan pertolongan pertama guna mencegah hal yang lebih buruh terjadi, mengingat musim hujan telah tiba gangguan kesehatan di masyarakat sering muncul mulai gejala DB, muntaber, diare, typus dll.

Pelatihan kader kesehatan diselenggarakan di Balai Desa Ngurenrejo selama sehari yaitu pada hari Senin, 10 Desember 2018, mulai pukul 10.00 WIB sampai selesai. Dengan materi pelatihan meliputi teori dan praktek yang disampaikan oleh para nara sumber. Acara dibuka secara resmi oleh Bapak Sudiyono Kepala Desa Ngurenrejo tepat pukul 10.15 WIB, didampingi Ibu Anita Sudiyono Ketua TP PKK Desa Ngurenrejo.

Kegiatan Pelatihan Kader Kesehatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mars KB, pembukaan secara resmi pelatihan kader kesehatan oleh Bapak Kepala Desa Ngurenrejo dan dilanjutkan dengan do’a yang dipimpin oleh Bapak Suyoto Kasi Kesra Desa Ngurenrejo.

Selanjutnya kegiatan pelatihan diisi penyampaian materi pelatihan oleh para nara sumber yang meliputi :

  1. Administrasi terpadu, meliputi administrasi desa, Posyandu, FKD dan Pokja Kampung KB. Materi ini disampaikan oleh nara sumber Ibu Sri Setyowati, SH dari Kantor Camat Wedarijaksa.
  2. Perencanaan Sehat, meliputi rencana kegiatan bidang kesehatan oleh Desa, PKK, dan FKD. Materi ini disampaikan oleh nara sumber Ibu Mukawati dari TP PKK Kecamatan Wedarijaksa.
  3. Pola Asuh Anak, meliputi kesehatan anak, tumbuh kembang anak dan peran orang tua dalam menjaga kesehatan anak. Materi ini disampaikan oleh nara sumber Ibu Kriesmiati dari TP PKK Kecamatan Wedarijaksa.
  4. Kesehatan Ibu dan Anak, meliputi kesehatan ibu hamil, kesehatan balita, kesehatan lansia. Materi ini disampaikan oleh narasumber Ibu Endang Setyowati, A,Md dari Puskesmas Wedarijaksa II.
  5. Peranan DD/ADD dalam pembangunan bidang kesehatan. Materi ini disampaikan oleh nara sumber Bapak Adi Soekotjo, S.Sos dari Kantor Camat Wedarijaksa.
  6. KB menunjang kesehatan keluarga, materi ini disampaikan oleh PL KB Kecamatan Wedarijaksa.
  7. Kesehatan lingkungan dan praktekum sederhana. Materi ini disampaikan oleh Bp. Sutrisno, SH dari FKD Desa Ngurenrejo.

Selama pelatihan antusias peserta sangat tinggi terbukti mereka para peserta mengikuti serangkaian pelatihan hingga acara berakhir. Dan acara berakhir pada pukul 13.00 WIB yang penutupannya dilakukan oleh Bp. Suyoto Kasi Kesra Desa Ngurenrejo mewakili Bapak Kepala Desa. Sebelum para peserta kembali pulang, mereka foto bersama Bapak Kepala Desa, Ketua TP PKK Desa, dan para nara sumber.

Hal terpenting pasca pelatihan adalah komitmen para peserta pelatihan yang terdiri para kader kesehatan Desa Ngurenrejo untuk selalu meningkatkan kemampuan, skil, dedikasi dan semangatnya untuk bersama-sama pemerintah Desa membangun kesehatan masyarakat melalui kegiatan di Posyandu, Posbindu, PKD dan FKD. Semoga upaya Desa dan unsur terkait di desa untuk mewujudkan Masyarakat Desa Ngurenrejo yang sehat lahir dan batin bisa terwujud. Aamiin.

About ngurenrejo 204 Articles
Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Jadi yang Pertama Berkomentar