MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA NGURENREJO

Foto : Pembukaan Musrenbangdes oleh Kepala Desa Ngurenrejo (dok.desa)

MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA NGURENREJO

~Ngurenrejo, 13 Desember 2018~ Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Tahun 2019 Pemerintah Desa Ngurenrejo melaksanakan kegiatan rutin tahunan yaitu Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes).  Untuk mensukseskan pelaksanaan Musrenbangdes, Kepala Desa membentuk Tim Pelaksana Musyawarah (TPM) yang diketuai oleh Sekretaris Desa dengan anggota Tim yang terdiri dari Perangkat Desa. Peserta Musrenbangdes teridiri dari unsur Anggota BPD, RT, RW, PKK, LPMD, Karang Taruna, Gapoktan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Profesi dan Perangkat Desa. Hadir pula dalam Musrenbangdes Camat Wedarijaksa, Pendamping Desa dan Babinsa dari Koramil Wedarijaksa.

Musrenbangdes Ngurenrejo Tahun 2019 merupakan awal kegiatan perencanaan pembangunan yang akan dituangkan dalam RKPDesa. Dalam kegiatan Musrenbangdes ini Kepala Desa menyampaikan paparan tentang Rancangan RKPDesa untuk kegiatan Tahun 2019. Disamping itu Musrenbangdes juga menampung usulan kegiatan dari berbagai unsur masyarakat melalui perwakilan yang hadir dalam Musrenbangdes yang akan diperjuangkan dalam forum Musrenbangdes agar usulannya dapat direncanakan dan diangarkan pada Tahun Anggaran 2019. Sehingga Musrenbangdes benar-benar menjadi wahana dalam pengintegrasian program Kepala Desa dalam mewujudkan Visi dan Misinya serta kebutuhan masyarakat yang diusulkan melalui forum Musrenbangdes.

Musrenbangdes Ngurenrejo Tahun 2019 dilaksanakan atas dasar Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Permendagri Nomo 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa, Peraturan Bupati Pati Nomor 15 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyusunan RPJMDes dan RKPDes serta Peraturan Desa Ngurenrejo Nomor 5 Tahun 2015 tentang RPJMDes Tahun 2015-2020. Atas dasar peraturan perundangan tersebut di atas Kepala Desa bersama BPD memiliki kewajiban menetapkan RKPDes Tahun 2019 dalam bentuk Peraturan Desa. Materi RKPDes disusun melalui mekanisme yang diawali dari Musrenbangdes.

Musrenbangdes Ngurenrejo Tahun 2019 dilaksanakan di Balai Desa Ngurenrejo Jalan Singo Padu 445-02/II Ngurenrejo Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. Musrenbangdes berlangsung selama sehari pada hari Jum’at tanggal 7 Desember 2018 mulai pukul 19.30 sampai selesai.

Jalannya musyawarah dan hasil yang dicapai dalam musyawarah :

Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya

Musrenbangdes dimulai tepat pukul 19.15 wib dengan kata pengantar oleh panitia/TPM dengan materi penjelasan mekanisme Musrenbangdes serta tata tertib pelaksanaannya. Dilanjutkan laporan penyelenggaraan Musrenbangdes disampaikan oleh panitia/TPM. Materi laporan meliputi : waktu dan tempat pelaksanaan musrenbang Desa, peserta, anggaran, narasumber dan tindak lanjut. Pembukaan secara resmi oleh Kepala Desa Ngurenrejo dilanjutkan pengarahan Musrenbangdes Ngurenrejo dalam penyusunan RKP Desa tahun 2019. Berikutnya pengarahan Musrenbangdes oleh Camat Wedarijaksa, dalam hal ini diwakili oleh Kasi PMD. Kecamatan Wedarijaksa, dan pengarahan dari Pendamping Desa. Acara ditutup dengan do’a bersama yang dipimpin oleh Staf Kesra Desa Ngurenrejo.

Pelaksanaan musrenbang Desa Ngurenrejo penyusunan RKP Desa tahun 2019 :

1)  Diawali dengan pemaparan rancangan RKP Desa oleh Kepala Desa Ngurenrejo yang meliputi materi rancangan RKP Desa tahun 2019 dan rancangan Daftar Usulan RKP Desa untuk tahun 2020. Disampaikan pula tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019 yang meliputi kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

2)  Pembahasan rancangan RKP Desa oleh peserta musyawarah dengan meknisme pembahasan melalui diskusi kelompok, dimana peserta dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok menurut RW masing-masing. Selanjutnya ketua diskusi kelompok memaparkan hasil diskusi dalam forum musrenbang Desa ini sebagai bahan masukan dan/atau usulan guna penyempurnaan rancangan RKP Desa. Atas masukan dan usulan hasil diskusi kelompok peserta Musrenbangdes, Kepala Desa memberikan tanggapan/jawaban. Ketua BPD sekaligus sebagai pimpinan musyawarah meyimpulkan hasil-hasil musrenbang Desa.

3)  Penyepakatan hasil musrenbang Desa RKP tahun 2019 :

a) Secara mufakat bulat peserta musrenbang Desa menyepakati rancangan RKP Desa Ngurenrejo untuk dijadikan lampiran rancangan Peraturan Desa tentang RKP Desa Ngurenrejo tahun 2019; b) Menyepakati Daftar Usulan RKP Desa Ngurenrejo tahun 2020; c) Menyepakati Daftar Kegiatan Prioritas yang tidak terdanai oleh Desa; d) Menyepakati Daftar Usulan dalam musrenbang tingkat kecamatan dan kabupaten; e) Menyepakati 1 (satu) orang delegasi Desa pada Musrenbang Kecamatan yaitu Sdr. Sumarno dari unsur Perangkat Desa. f) Tim penyusun RKP Desa tahun 2019 melaksanakan tindak lanjut atas hasil Musrenbangdes dalam penyusunan rancangan RKP Desa tahun 2019. d) Kesepakatan hasil musrenbang Desa menjadi kuputusan akhir Musrenbangdes.

Penutupan Musrenbangdes Penyusunan RKP Desa tahun 2019 ditutup secara resmi oleh Kepala Desa Ngurenrejo tepat pukul 23.00 wib.

Hal lain yang tak kalah menarinya dalam Musrenbangdes Tahun 2019 adalah meningkatnya partisipasi generasi muda dan kaum perempuan jika dibanding dengan Musrenbangdes tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari Daftar Kehadiran peserta Musrenbangdes. Hal yang membanggakan ke depan dalam kesetaraan gander dan pembinaan generasi muda dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.

About ngurenrejo 204 Articles
Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Jadi yang Pertama Berkomentar