PERCEPATAN PENINGKATAN TATA GUNA AIR IRIGASI

PERCEPATAN PENINGKATAN TATA GUNA AIR IRIGASI

(Ngurenrejo, 04-09-2018). Pada tahun 2018 Desa Ngurenrejo melalui P3A Rukun Tani Desa Ngurenrejo mendapatkan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dari Dirjen Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana. Pelaksana sekaligus penanggungjawab kegiatan adalah P3A Rukun Tani Desa Ngurenrejo. Pelaksana lapangan adalah Tim Swakelola yang diketuai oleh Ketua P3A Rukun Tani sdr. Kasiman yang dibentuk berdasarkan hasil Musyawarah Desa.

Kegiatan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) berupa perbaikan jaringan irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi atau peningkatan jaringan irigasi P3-TGAI daerah irigasi Dung Singkil yang berada di wilayah Desa Ngurenrejo.

Rehabilitasi jaringan irigasi Dung Singkil blok sawah Selincip (Foto. Dok Desa Ngurenrejo)

Kegiatan perbaikan atau rehabilitasi jaringan irigasi ini merupakan usulan dari P3A Rukun Tani melalui Musrenbangdes Tahun 2017 dan diusulkan kembali pada Musyawarah Sosialisasi P3-TGAI. Jaringan irigasi ini diusulkan untuk diperbaiki dengan pertimbangan bahwa kondisi jaringan irigasi sudah banyak yang rusak, lahan pertanian di Desa Ngurenrejo sangat luas khusunya pertanian bawang merah, upaya untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan meningkatkan penghasilan petani serta meningkatkan tata guna air irigasi untuk pertanian.

Kegiatan perbaikan jaringan irigasi ini berlokasi di jaringan irigasi Dung Singkil tepatnya jaringan tersier saluran irigasi area persawahan blok Selincip wilayah Desa Ngurenrejo.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan selama 90 hari kalender, mulai 9 Mei 2018 hingga 6 Agustus 2018. Pelaksana kegiatan adalah Tim Swakelo dari P3A Rukun Tani Desa Ngurenrejo.

(Foto : Dok. Desa Ngurenrejo)

Sebelum pelaksanaan kegiatan, diawali dengan Musyawarah Sosialisasi yang difasilitasi oleh Pemerintah Desa Ngurenrejo. Dari hasil Musyawarah Sosialisasi ditetapkan usulan kegiatan dan Tim Pelaksana kegiatan. Usulan kegiatan berupa rehabilitasi jaringan irigasi, Tim pelaksana dari P3A Rukun Tani yang diketuai Sdr. Kasiman sekaligus Ketua P3A Rukun Tani Desa Ngurenrejo. Setelah penetapan usulan, pelaksana selanjutnya menetapkan lokasi kegiatan yaitu di jaringan irigasi Dung Singkil tepatnya jaringan irigasi blok Selincip Desa Ngurenrejo. Mekanisme berikutnya pembuatan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara P3A Rukun Tani dengan Pejabat Pembuat Komitmen. Pekerjaan dimulai setelah keluarnya Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) tanggal 9 Mei 2018. Mekanisme pelaksanaan, penyaluran uang, pelaporan diatur dalam Perjanian Kerja Sama (PKS).

(Foto : Dok. Desa Ngurenrejo)

Kegiatan ini didampingi oleh Pendamping Masyarakat dari Dirjen Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana. Di wilayah Kabupaten Pati pada tahun 2018 Desa Ngurenrejo merupakan salah satu dari delapan Desa yang mendapatkan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI). Harapan adanya Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi ini adalah agar pertanian di Desa Ngurenrejo semakin maju, ketahanan pangan selalu terjaga dan adanya peningkatan kualitas jaringan irigasi di Desa Ngurenrejo serta tentunya penghasilan petani yang semakin meningkat.

Facebook Comments

ngurenrejo

Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Mungkin Anda juga menyukai