PEMBINAAN SEKRETARIS DESA OLEH BUPATI PATI

FOTO : Bapak Bupati Pati memberikan pembinaan kepada Para Sekretaris Desa Kabupaten Pati di Balai Desa Purwokerto Kec. Tayu

PEMBINAAN SEKRETARIS DESA OLEH BUPATI PATI

(Liputan~Selasa, 31 Juli 2018) Bertempat di Balai Desa Purwokerto Kecamatan Tayu Kabupaten Pati, hari ini Forum Komunikasi Sekretaris Desa Seluruh Indonesia (Forsekdesi) Kabupaten Pati menyelenggarakan Halal Bihalal sekaligus pembinaan terhadap para Sekretaris Desa se Kabupaten Pati. Titik fokus acara tersebut pada pembinaan Sekretaris Desa dalam menjalankan tupoksi di Pemerintah Desa.

Dalam sambutannya Ketua Forsekdesi Kabupaten Pati Sdr. H. Sholeh Afif (Sekdes Sambiroto Kec. Tayu) menyampaikan terima kasih kepada para Sekretaris Desa yang telah berkenan hadir dan mohon maaf atas acara halal bihalal yang baru dapat dilaksanakan. Namun yang utama dalam acara tersebut adalah pembinaan Sekretaris Desa secara langsung oleh Bapak Bupati Pati dalam meningkatkan kinerja dan profesionalisme Sekretaris Desa di Pemerintah Desa guna membantu Kepala Desa dalam menjalankan dan mensukseskan program kerja serta Visi dan Misi Kepala Desa.

Sedangkan Bapak Bupati Pati (H. Haryanto, SH, MM, MSi) dalam sambutan sekaligus memberikan pembinaan kepada para Sekretaris Desa menyampaikan tugas pokok dan fungsi Sekretaris Desa dalam Pemerintahan Desa. Sekretaris Desa adalah unsur staf Pemerintah Desa yang memimpin Sekretariat Desa wajib meningkatkan kinerja dan profesionalisme kerja dalam membantu tugas-tugas Kepala Desa serta mendukung penuh Kepala Desa dalam mewujudkan Visi dan Misinya. Oleh karenanya seorang Sekretaris Desa harus memahami betul kedudukan, tugas dan fungsinya dalam kedinasan di Pemerintahan Desa. Diharapkan Sekretaris Desa untuk selalu menjaga hubungan baik dengan Kepala Desa, dengan Perangkat Desa lainnya, serta menjalin kerja sama, membangun komunikasi yang baik dan sinergis dalam satu tim Pemerintah Desa. Hal ini perlu dilakukan pula untuk meminimalisir permalasahan yang muncul di tingkat desa, agar setiap permasalahan dapat diselesaikan di tingkat desa.

Disampaikan pula dalam materi pembinaan Bapak Bupati Pati bahwa Sekretaris Desa bertanggungjawab atas administrasi Desa, dan dalam waktu dekat yakni bulan Agustus akan ada pemeriksaan dari BPK terhadap Desa-desa di Kabupaten Pati secara samling yang dipilih langsung oleh pihak BPK. Sampling mengambil kriteria desa maju, berkembang dan tertinggal. Diharapkan Sekretaris Desa menjadi koordinator yang baik dalam mengerjakan administrasi di Desa.

Pada akhir pembinaannya Bapak Bupati Pati mengucapkan terima kasih dan mendo’akan para Sekretaris Desa yang akan menunaikan ibadah haji. Diantaranya Sekretaris Desa Purwokerto , Sumur, Puncel dan Bringin Wareng. Semoga lancar dalam menjalankan ibadah haji dan mendapatkan predikat Haji Mabrur. Diinformasikan juga bahwa cuaca di Arab Saudi sangat panas, agar selalu menjaga kondisi kesehatan.

Acara diakhiri dengan foto bersama para Sekretaris Desa dengan Bapak Bupati Pati.

About ngurenrejo 204 Articles
Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Jadi yang Pertama Berkomentar