KARNAVAL DALAM RANGKA BERSIH DESA NGURENSITI

KARNAVAL DALAM RANGKA BERSIH DESA NGURENSITI

NGURENREJO~Jum’at, 27 Juli 2018. Dalam rangka bersih Desa Ngurensiti yang jatuh hari Minggu Kliwon tanggal 29 Juli 2018, Pemerintah Desa Ngurensiti bersama Panitia Bersih Desa Ngurensiti dan Karang Taruna Sari Bumi menyelenggarakan Karnaval Seni dan Budaya lokal Desa pada hari ini Jum’at, 27 Juli 2018.

Karnaval mengambil route keliling Desa Ngurensiti dan desa-desa tetangga. Diantaranya peserta karnaval melintas di jalan Desa Ngurenrejo, Pagerharjo (Dukuh Prapeyan) dan Tawangharjo. Start dan finish karnaval di Lapangan Sepak Bola Desa Ngurensiti. Peserta karnaval meliputi RT-RW, kelompok masyarakat se Desa Ngurensiti. Mereka mengusung hiasan di atas kendaraan baik pic up atau truk yang dihias beraneka warna warni yang mencerminkan seni budaya lokal desa, berbusana adat pedesaan dan kreatifitas jaman sekarang. Tak ketinggalan yang special adanya parade kendaraan jeep kuno yang ikut serta meramaikan karnaval yang sore hari ini masih berlangsung.

Karnaval kali ini merupakan bagian dari serangkaian acara yang diselenggarakan Pemerintah Desa dan Panitia Bersih Desa dalam rangka Bersih Desa Ngurensiti sekaligus menghormati leluhur Desa Ngurensiti yang juga leluhur Desa Ngurenrejo yaitu Ki Ageng Singo Padu. Sehingga kedua Desa yakni Ngurensiti dan Ngurenrejo hari Bersih Desa selalu bersamaan karena kedua Desa tersebut di zaman pedanyangan Ki Ageng Singo Padu merupakan satu wilayah desa dengan sebutan Nguren. Kilas balik sejarah Desa antara Ngurensiti dan Ngurenrejo adalah satu pedanyangan atau disebut juga saudara, sama-sama anak putu Ki Ageng Singo Padu yang makam dan peninggalannya berada di Desa Ngurenrejo. Dalam perkembangan pemerintahan yaitu ketika masa penjajahan dalam pemerintahan Belanda hingga Pemerintah RI Desa Nguren dijadikan dua Pemerintahan Desa yang terdiri dari Desa Ngurensiti dan Desa Ngurenrejo.

Selamat Hari Bersih Desa Ngurensiti dan juga Desa Ngurenrejo, Minggu Kliwon 29 Juli 2018.
#maju_Desaku
#maju_Pati
#maju_Indonesia

Facebook Comments

ngurenrejo

Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Mungkin Anda juga menyukai