PEMBANGUNAN PINTU AIR KALI SODETAN

PEMBANGUNAN PINTU AIR KALI SODETAN

NGURENREJO ~ Selasa, 08-08-2017. Kali Sodetan atau dikenal juga dengan sebutan Kali Kedung Singkil merupakan anak sungai Kali Gong Wedi yang melintasi Desa Ngurenrejo. Kali Sodetan berfungsi sebagai jaringan pengairan untuk pembuangan air / pengendalian banjir ketika terjadi banjir juga berfungsi sebagai jaringan pengambilan air ketika petani mengalirkan air untuk pengairan sawah dari kali Gung Wedi atau air dari Waduk Gunung Rowo menuju arena pertanian.

Sebagai jaringan pengambilan air dari kali Gung Wedi, maka di bagian hulu kali Sodetan dibangun pintu air untuk buka-tutup sesuai keperluannya. Pintu air yang lama telah rusak berat akibat banjir besar pada tahun 2014. Saat ini pintu air tersebut diperbaiki dengan cara dibangun pintu air yang baru sehingga pintu air dapat berfungsi secara maksimal dan berguna bagi para petani di saat mengurusi kebutuhan air untuk pertanian. Pintu air tersebut dibangun oleh DPU-PR Kabupaten Pati tahun anggaran 2017 melalui swakelola kantor DPU-PR. Kegiatan pembangunan pintu air atas permohonan Pemerintah Desa Ngurenrejo beberapa tahun yang lalu, mengingat keterbatasan kemampuan keuangan desa.

Dengan dibangunnya pintu air kali Sodetan diharapkan dapat membantu petani dalam urusan kebutuhan air untuk pertanian, dan dapat pula difungsikan untuk prasarana pengendali banjir sehingga ketika terjadi banjir besar, air yang masuk ke kali Sodetan dapat diatur dan dikendalikan melalui buka-tutup pintu air kali Sodetan tersebut.

Facebook Comments

ngurenrejo

Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Mungkin Anda juga menyukai