JEMBATAN GOENG WEDI

JEMBATAN GOENG WEDI

NGURENREJO ~ Jembatan Goeng Wedi yang berada di Desa Ngurenrejo dibangun pada masa penjajahan Belanda. Tepatnya pada tahun 1935 M oleh masyarakat Desa Ngurenrejo. Jembatan ini terletak tepat di atas sungai Goeng Wedi sehingga warga masyarakat menyebutnya Jembatan Goeng Wedi. Sungai Goeng Wedi sendiri berada di tengah-tengah Desa membelah wilayah desa menjadi dua, yakni di sebelah utara sungai dan di sebelah selatan sungai. Keberadaan jembatan Goeng Wedi menjadi parasarana perhubungan yang sangat vital bagi masyarakat Desa Ngurenrejo dan sekitarnya. Karena merupakan satu-satunya jembatan penghubung transportasi ke desa-desa tetangga, maupun ke arah Kota Juana.

Dulu ketika pertama kali dibangun jembatan Goeng Wedi masih berupa jembatan kayu dan beratap rumbia. Tahun 2009 jembatan direhab dengan konstruksi beton dan diperlebar, sehingga kendaraan besar seperti bus dan truk bisa melewati jembatan tersebut. Kini jembatan semakin kokoh dan dipercantik menjadikan kebanggaan warga Desa Ngurenrejo karena tak ada sekat antar wilayah yang dipisah oleh sungai besar Goeng Wedi.

Dalam rangka peringatan kemerdekaan NKRI, pihak Pemerintah Desa Ngurenrejo yang dipimpin bapak Kepala Desa (Bp. SUDIYONO) melaksanakan kerja bhakti dan gotong royong bersama masyarakat untuk membersihkan jembatan dan memasang bendera merah putih selama satu bulan mulai tanggal 1 hingga 31 Agustus 2017.

Dirgahayu NKRI, berkibarlah benderaku Merah Putih.

Facebook Comments

ngurenrejo

Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Mungkin Anda juga menyukai