OPES BRAMBANG

OPES BRAMBANG

NGURENREJO ~ Opes Brambang adalah kosa kata lokal Desa Ngurenrejo dan sekitarnya yang berasal dari bahasa Jawa. Opes berarti mengupas, membersihkan dari dari hal-hal yang tidak bermanfaat. Brambang berarti Bawang Merah. Opes Brambang diartikan mengupas dan membersihkan bawang merah dari hal-hal yang tidak bermanfaat. Diantaranya membersihkan kotoran tanah, akar  dan daun bawang merah. Bagi petani, pemilik bawang merah atau penjual bawang merah kegiatan tersebut dilakukan agar bawang merah memiliki nilai jual yang lebih tinggi, karena konsumen biasa membeli bawang merah dalam kondisi yang siap pakai/siap dikonsumsi.

Ketika panen bawang merah dari lahan sawah, para petani atau penjual/penebas bawang merah membawa pulang ke rumah atau gudang hasil panen dimaksud. Setelah sampai di rumah/gudang, bawang merah dibersihkan atau dengan istilah “Opes Brambang”. Pekerja opes brambang mayoritas dari kaum perempuan. Para ibu dan remaja putri warga Desa Ngurenrejo yang tidak bekerja di sektor lain.  Mereka bekerja sebagai kuli opes brambang. Dari hasil opes brambang mereka memperoleh hasil rata-rata 50.000,- hingga 100.000,-/per hari.

Bagi para ibu dan remaja putri adanya lapangan kerja opes brambang sangat membantu dalam menopang ekonomi keluarga. Karena dapat membantu Kepala Keluarga dalam mencari nafkah. Jadi pertanian bawang merah di Desa Ngurenrejo benar-benar dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar. Tidak hanya terbatas kaum laki-laki saja yang bisa bekerja di sektor pertanian bawang merah, namun kaum perempuan pun bekerja di sektor pertanian bawang merah walupun masih sebatas upaya mencari tambahan pengahasilan, bukan sebagai matapencaharian pokok.

Facebook Comments

ngurenrejo

Pemerintah Desa Ngurenrejo Kec. Wedarijaksa Kab. Pati Provinsi Jawa Tengah

Mungkin Anda juga menyukai